Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 10 September 2021

September 10, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 10 September 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Jumat, 10 September 2021

Bacaan Pertama     1 Timotius Bab 1 : ayat 1 –  ayat 2. ayat 12 – ayat 14

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Timotius :

Dari Paulus, rasul Kristus Yesus menurut perintah Allah, Juruselamat kita, dan Kristus Yesus, dasar pengharapan kita, kepada Timotius, anakku yang sah di dalam iman: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.
Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku? aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman. Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  16:1.2a.5.7-8.11

Ya Tuhan, Engkaulah milik pusakaku.

  • Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.
    Aku berkata kepada TUHAN: “Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!”
    Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.
  • Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.
    Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
  • Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

 

Bait Pengantar Injil    Yohanes Bab 17 : ayat 17b.a

Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah kebenaran. Kuduskanlah kami dalam kebenaran

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 6 : ayat 39 – ayat 42

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Yesus mengatakan pula suatu perumpamaan kepada mereka: “Dapatkah orang buta menuntun orang buta? Bukankah keduanya akan jatuh ke dalam lobang? Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya. Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Tuhan Yesus mengajarkan kita ketika kita berusaha untuk menolong orang lain, kita terlebih dahulu perlu menolong diri kita sendiri “sembuh” dari trauma atau sesuatu yang dianggap menganggu diri kita sendiri. Bagaimana manusia mampu sembuh dari luka masa lalu agar dapat menolong orang lain> Hal itu tertuju pada self healing yang bisa kita upayakan kepada diri kita sendiri. Self healing seringkali ditemukan pada kita yang seringkali sakit karena cinta pada orang yang dianggap paling significant dalm hidup. Tidak jarang kita terjebak dalam sebuah memori dan kita tidak mampu untuk beranjak dari hal tersebut.

Bacaan Injil kali ini memberikan suatu pandangan lagi bahwa ketika kita hendak menolong orang lain, cintailah diri kita terlebih dahulu. Sebelum kita mencintai orang lain, kita perlu mencintai diri kita terlebih dahulu. Sekalipun kita sering terluka karena orang lain, cintailah luka itu sebagai bentuk kepedulian kita terhadap diri sendiri. Mari kita coba untuk melakukan pemeriksaan batin, refleksi diri dan olah rohani lainnya yang dapat membantu kita untuk melihat diri, menerima dan akhirnya membenahi diri menjadi lebih baik.Ketika kita mampu mengolah diri sendiri, tentu kita bisa membantu sesama kita untuk berbenah.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, bantulah kami dalam mencintai diri kami sendiri, agar kami mampu mencintai orang lain pula. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 10 September 2021