Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 2 Oktober 2020

October 2, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 2 Oktober 2020

 

Bacaan Pertama Keluaran Bab 23 : ayat 20 – ayat 23a
Pembacaan dari Kitab Keluaran:

Inilah firman Tuhan, “Sungguh, Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia. Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan menggempur musuhmu, dan menang atas lawanmu. Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu.”

Mazmur Tanggapan Mazmur 91:1-2.3-4.5-6.10-11

Ya Tuhan, tuntunlah aku di jalan yang kekal.

# Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada Tuhan, “Tuhanlah tempat perlindungan dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”
# Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.
# Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam,terhadap panah yang terbang di waktu siang,terhadap penyakit sampar yang menjalar di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.
# Malapetaka tidak akan menimpa kamu,dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat akan diperintahkan-Nya untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Bait Pengantar Injil Mazmur Bab 103 : ayat 21

Pujilah Tuhan, hai segala tentara-Nya,muliakanlah Dia, hai para hamba yang melakukan kehendak-Nya.

Bacaan Injil Matius Bab 18 : ayat 1 – ayat 5. dilanjutkan ayat 10
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Malaikat mereka di surga selalu memandang wajah Bapa-Ku di surga.

Sekali peristiwa, datanglah murid-murid kepada Yesus dan bertanya, “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?” Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata, “Aku berkata kepadamu: Sungguh, jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Malaikat mereka ada di surga, dan selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di surga.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Melindungi. Pernahkah kita melindungi sesuatu ntah benda mati atau barang hidup? Contohnya aja ya, barang kecil emas deh, kalung emas yang tentunya sering di rawat, di lindungi, di jaga oleh bunda kita. Mengapa emas dilindungi? Karena emas berharga. Jika tidak berharga, untuk apa susah payah di jagain, di simpan baik-baik agar tidak hilang dan ruaak. Sesuatu yang berharga jika hilang rasanya tuh kacau banget, sedih. Kita sampai rela melakukan apapun demi sesuatu yang sangat berharga itu.

Sama halnya seperti Yesus yang mengutus malaikat. Malaikat untuk melindungi kita dijalan, untuk membawa ke tempat yang telah Tuhan sediakan. Dalam bacaan Injil juga tertulis bahwa kita harus merendah, seperti seorang anak kecil, sama seeperti bacaan hari kemarin.

Yesus melindungi kita lewat malaikat pelindung, itu artinya kita manusia berharga di mata Tuhan. Tuhan tidak mau kita rusak, sedih dan bahkan hilang. Yesus sayang dengan kita. Sekarang tuhas manusia adalah mengakui segala kesalahan, dosa dan kekurangan kita untuk kembali ke jalan Tuhan yang benar dengan tuntutan malaikat utusan-Nya. Lewat para malaikat, diharapkan kita menyadari kehadiran Roh Kudus dalam diri kita, agar tidak terjerumus ke dalam dosa.

 

Doa

Ya Bapa, terima kasih karena telah megangap kami berharga. Semoga kami dapat menjadi anak-Mu yang selalu setia mengikut Mu ke jalan yang benar. Amin.

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 2 Oktober 2020