Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 4 Februari 2021

February 2, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 4 Februari 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Kamis, 4 Februari 2021

 

Bacaan Pertama        Ibrani Bab 12 : ayat 18 – ayat 19. ayat 21 – ayat 24

Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani untuk renungan harian katolik hari ini :

Sebab kamu tidak datang kepada gunung yang dapat disentuh dan api yang menyala-nyala, kepada kekelaman, kegelapan dan angin badai, kepada bunyi sangkakala dan bunyi suara yang membuat mereka yang mendengarnya memohon, supaya jangan lagi berbicara kepada mereka.
Dan sangat mengerikan pemandangan itu, sehingga Musa berkata: “Aku sangat ketakutan dan sangat gemetar.” Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna, dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 48:2-3a.3b-4.9.10-11

Dalam bait-Mu, ya Allah, kami mengenangkan kasih setia-Mu.

  • Besarlah TUHAN dan sangat terpuji di kota Allah kita!

Gunung-Nya yang kudus, yang menjulang permai, adalah kegirangan bagi seluruh bumi;

  • gunung Sion itu, jauh di sebelah utara, kota Raja Besar.

Dalam puri-purinya Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai benteng.

  • Seperti yang telah kita dengar, demikianlah juga kita lihat, di kota TUHAN semesta alam, di kota Allah kita; Allah menegakkannya untuk selama-lamanya.
  • Kami mengingat, ya Allah, kasih setia-Mu di dalam bait-Mu.

Seperti nama-Mu, ya Allah, demikianlah kemasyhuran-Mu sampai ke ujung bumi; tangan kanan-Mu penuh dengan keadilan.

 

Bait Pengantar Injil     Markus Bab 1 : ayat 15

Kerajaan Allah sudah dekat. Percayalah kepada Injil.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 6 : ayat 7 – ayat 13

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: “Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka.” Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Ketika kita mengikuti Yesus, kita harus menyerahkan seluruhnya, artinya kita harus total. Yesus mengutus musrid-Nya berdua-dua tanpa memberi bekal. Semua harus ditinggalkan demi tercapainya suatu tujuan utama, yaitu menjalankan kehendak Tuhan. Dalam masa seperti ini banyak tingkah laku baik sederhana yang sering terjadi, misalnya membentu pra pemulung, tukang becak dan yang lainnya.

Yang menjadi pertanyaan untuk diri kita, apakah perbuatan kita itu tulus? Atau ada niat untuk direkam agar kita dipuji dan dilihat banyak orang? Bagaimana dengan postingan kita di sosial media kita, seperti instagram, twitter, whatsapp dan facebook?

Apakah kita tulus demi pewartaan kebaikan Tuhan? atau pewartaan untuk diri sendiri? Mencari like, mencari pujian atau bahkan mencari pengikut yang banyak? Kita bisa dikatakan kita mencari hal-hal duniawi demi pemenuhan kebutuhan psikologis manusiawi kita.

Kita harus bisa meninggalkan hal-hal duniawi dan kebutuhan manusiawi demi kemurnian pelayanan kita sebab Tuhan mengutus kita pergi tanpa bekal agar kita murni dalam menjalankan kehendak Tuhan.

Doa Renungan Harian Katolik Hari Ini

Tuhan Yesus, kami percaya Engkau selalu menuntun kami dalam setiap situasi. Kami ingin tulus dalam melayani Mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 4 Februari 2021