Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Januari 2021

January 15, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        1 Samuel Bab 3 : ayat 3b – ayat 10. 19

Pembacaan dari Kitab Pertama Samuel  :

3:3 Lampu rumah Allah belum lagi padam. Samuel telah tidur di dalam bait suci TUHAN, tempat tabut Allah.
3:4 Lalu TUHAN memanggil: “Samuel! Samuel!”, dan ia menjawab: “Ya, bapa.”
3:5 Lalu berlarilah ia kepada Eli, serta katanya: “Ya, bapa, bukankah bapa memanggil aku?” Tetapi Eli berkata: “Aku tidak memanggil; tidurlah kembali.” Lalu pergilah ia tidur.
3:6 Dan TUHAN memanggil Samuel sekali lagi. Samuelpun bangunlah, lalu pergi mendapatkan Eli serta berkata: “Ya, bapa, bukankah bapa memanggil aku?” Tetapi Eli berkata: “Aku tidak memanggil, anakku; tidurlah kembali.”
3:7 Samuel belum mengenal TUHAN; firman TUHAN belum pernah dinyatakan kepadanya.
3:8 Dan TUHAN memanggil Samuel sekali lagi, untuk ketiga kalinya. Iapun bangunlah, lalu pergi mendapatkan Eli serta katanya: “Ya, bapa, bukankah bapa memanggil aku?” Lalu mengertilah Eli, bahwa Tuhanlah yang memanggil anak itu.
3:9 Sebab itu berkatalah Eli kepada Samuel: “Pergilah tidur dan apabila Ia memanggil engkau, katakanlah: Berbicaralah, TUHAN, sebab hamba-Mu ini mendengar.” Maka pergilah Samuel dan tidurlah ia di tempat tidurnya.
3:10 Lalu datanglah TUHAN, berdiri di sana dan memanggil seperti yang sudah-sudah: “Samuel! Samuel!” Dan Samuel menjawab: “Berbicaralah, sebab hamba-Mu ini mendengar.”
3:19 Dan Samuel makin besar dan TUHAN menyertai dia dan tidak ada satupun dari firman-Nya itu yang dibiarkan-Nya gugur.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 40:2.4ab.7-8a.8b-9.10

Aku datang, ya Tuhan untuk melakukan kehendak-Mu.

  • (40-2) Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.

(40-4) Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita.

  • (40-7) Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut.

(40-8a) Lalu aku berkata: “Sungguh, aku datang;

  • (40-8b) dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;

(40-9) aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku.”

  • (40-10) Aku mengabarkan keadilan dalam jemaah yang besar; bahkan tidak kutahan bibirku, Engkau juga yang tahu, ya TUHAN.

 

Bacaan Kedua        1 Korintus Bab 6 : ayat 13c – ayat 15a. ayat 17 – ayat 20

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus  :

6:13 Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.
6:14 Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.
6:15 Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!
6:16 Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.”
6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.
6:18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.
6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Yohanes Bab 1 : ayat 41, Bab 1 : ayat 17b

Kami telah menemukan Mesias, yang artinya Kristus. Kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus

 

Bacaan Injil               YohanesBab 1 : ayat 35 – ayat 42

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

1:35 Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.
1:36 Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah!”
1:37 Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.
1:38 Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu cari?” Kata mereka kepada-Nya: “Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?”
1:39 Ia berkata kepada mereka: “Marilah dan kamu akan melihatnya.” Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat.
1:40 Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus.
1:41 Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus).”
1:42 Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: “Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus).”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Banyak pilihan dalam hidup kita. Ada yang sibuk berburu harta kekayaan, kekuasaan, jabatan dan masih banyak lainnya. Terdapat banyak virus yang dapat menyebabkan kita berfokus kepada perkara duniawi yakni virus hedonisme, konsumerisme dan materialisme.

Jika kita merefleksikan diri dalam kondisi pandemi saat ini yang terpenting adalah kesehatan. Kebanyakan dari kita merasa sia-sia jika sudah terkena virus pandemi saat ini. Seharusnya hal yang paling dirindukan dalam kondisi saat ini adalah Yesus Kristus yang menjadi pusat hidup kita sehari-hari, pedoman hidup kita. Pandemi ini membuat kita kembali kepada Tuhan dan ingat akan Tuhan.

Kita perlu berjalan senantiasa bersama Yesus menganggapi panggilan dan sapaan-Nya seperti Samuel. Kita juga perlu menaikan pujian syukut bagi Tuhan. Maka dengan itu kita akan menyadari bahwa hanya bersama dengan Yesus kita mampu menjalanin badai hidup dengan penuh iman.

 

Doa

Ya Bapa, mampukanlah kami untuk menjadi orang-orang yang percaya dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik dan benar dalam hidup kami selalu menyadari akan rancangan mu yang begitu indah. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Januari 2021