Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 26 September 2021

September 25, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 26 September 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Minggu 19 September 2021

Bacaan Pertama     Bilangan Bab 11 : ayat 25 –  ayat 29

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Bilangan :

Lalu turunlah TUHAN dalam awan dan berbicara kepada Musa, kemudian diambil-Nya sebagian dari Roh yang hinggap padanya, dan ditaruh-Nya atas ketujuh puluh tua-tua itu; ketika Roh itu hinggap pada mereka, kepenuhanlah mereka seperti nabi, tetapi sesudah itu tidak lagi. Masih ada dua orang tinggal di tempat perkemahan; yang seorang bernama Eldad, yang lain bernama Medad. Ketika Roh itu hinggap pada mereka?mereka itu termasuk orang-orang yang dicatat, tetapi tidak turut pergi ke kemah?maka kepenuhanlah mereka seperti nabi di tempat perkemahan. Lalu berlarilah seorang muda memberitahukan kepada Musa: “Eldad dan Medad kepenuhan seperti nabi di tempat perkemahan.” Maka menjawablah Yosua bin Nun, yang sejak mudanya menjadi abdi Musa: “Tuanku Musa, cegahlah mereka!” Tetapi Musa berkata kepadanya: “Apakah engkau begitu giat mendukung diriku? Ah, kalau seluruh umat TUHAN menjadi nabi, oleh karena TUHAN memberi Roh-Nya hinggap kepada mereka!”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  19:.8.10.12-13.14

Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati.

  • Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.
  • lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah.
  • Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari.
    Lindungilah hamba-Mu, juga terhadap orang yang kurang ajar; janganlah mereka menguasai aku! Maka aku menjadi tak bercela dan bebas dari pelanggaran besar.
  • Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

Bacaan Kedua     Yakobus Bab 5 : ayat 1 – ayat 6

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Rasul Yakobus :

Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu! Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu telah dimakan ngengat! Emas dan perakmu sudah berkarat, dan karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari yang sedang berakhir. Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu. Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu sama seperti pada hari penyembelihan. Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil          Yohanes Bab 17 : ayat 17. ayat 6a

Tuhan, firman-Mu adalah kebenaran. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran

 

Bacaan Injil             Markus Bab 9 : ayat 38 – ayat 43. ayat 45. ayat 47 – ayat 48

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Kata Yohanes kepada Yesus: “Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.” Tetapi kata Yesus: “Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku. Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya.” “Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut.
Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;
Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;
Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka, di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam usaha meraih kesuksesan, tak jarang orang terperangkap dalam berbagai jebakan. Disatu sisi itu merupakan keharusan namun disisi yang lain nuraninya mengatakan hal itu todak berkenan dihadapan Allah.

Tuhan Yesus memberikan kita pedoman, “jika tangan, kaki menuesatkan, peganglah, jika mata menyesatkan cungkillah. Daripada semuanya utuh tapi di campakan kepada mereka.” Artinya adalah yang membuat kita sering berdosa, tinggalkanlah. Termasuk hal pekerjaan, bisnis, ambisi, jika itu tidak berkenan dihadapan Allah dan membuat kita jatuh kedalam dosa. Hal yang tentunya tidak mudah dilakukan.

Hidup mengikuti Yesus tidak mudah, jalan menuju keselamatan berliku, pintu surga sempit. Tapi Tuhan tidak pernah menafikan anak-Nya. Ketuklah pintu, mohon kekuatan dan pertolongan Tuhan, bersandar kepada Tuhan.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, dampingilah kami selalu dalam memilih keputusan agar sesuai dengan kehendak Allah. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 26 September 2021