Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 28 September 2021

September 28, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 28 September 2021

Pesta Santo Laurensius Ruiz dan Santo Wenseslaus

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Selasa, 28 September 2021

Bacaan Pertama     Zakharia Bab 8 : ayat 20 –  ayat 23

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Nubuat Zakharia :

Beginilah firman TUHAN semesta alam: “Masih akan datang lagi bangsa-bangsa dan penduduk banyak kota. Dan penduduk kota yang satu akan pergi kepada penduduk kota yang lain, mengatakan: Marilah kita pergi untuk melunakkan hati TUHAN dan mencari TUHAN semesta alam! Kamipun akan pergi! Jadi banyak bangsa dan suku-suku bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan melunakkan hati TUHAN.” Beginilah firman TUHAN semesta alam: “Pada waktu itu sepuluh orang dari berbagai-bagai bangsa dan bahasa akan memegang kuat-kuat punca jubah seorang Yahudi dengan berkata: Kami mau pergi menyertai kamu, sebab telah kami dengar, bahwa Allah menyertai kamu!”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  87:1-3.4-5.6-7

Allah beserta kita

  • Mazmur bani Korah: suatu nyanyian. Di gunung-gunung yang kudus ada kota yang dibangunkan-Nya: TUHAN lebih mencintai pintu-pintu gerbang Sion dari pada segala tempat kediaman Yakub. Hal-hal yang mulia dikatakan tentang engkau, ya kota Allah.
  • Aku menyebut Rahab dan Babel di antara orang-orang yang mengenal Aku, bahkan Filistea, Tirus dan Etiopia: “Ini dilahirkan di sana.”
    Tetapi tentang Sion dikatakan: “Seorang demi seorang dilahirkan di dalamnya,” dan Dia, Yang Mahatinggi, menegakkannya.
  • TUHAN menghitung pada waktu mencatat bangsa-bangsa: “Ini dilahirkan di sana.” Sela
    Dan orang menyanyi-nyanyi sambil menari beramai-ramai: “Segala mata airku ada di dalammu.”

 

Bait Pengantar Injil          Markus Bab 10 : ayat 45

Anak Manusia datang untuk melayani dan menyerahkan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi semua orang.

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 9 : ayat 51 – ayat 56

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem, dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya. Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem. Ketika dua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: “Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?” Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka. Lalu mereka pergi ke desa yang lain.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Penolakan, kebencian, penghinaan, kekerasan, dan ketidakadilan yang kita rasakan dalam hidup, cenderung mendorong kita untuk mencari dan melampiaskan amarah atau membalas perbuatan mereka yang telah menyakiti kita. Alami oleh Yesus dalam bacaan Injil hari ini, yesus ditolak oleh orang Samaria. Itu membuat para murid menjadi geram dan ingin segera menghukum orang Samaria yang ada di sana. Yesus Yang Maha Kasih tidak membalas penolakan itu dengan hukuman, tetapi Yesus membalasnya dengan kasih. Iya tetap mengasihi siapa saja Bahkan mereka yang telah menolak, menganiaya, dan menghianati Yesus.

Kasih Yesus tidak terbatas bagi kita, maka dari itu kita diajak untuk menyebarluaskan kasih Yesus ke lebih banyak pribadi yang ada di luar sana di sekitar kita. Membalas air tuba dengan air susu bukanlah suatu perkara yang mudah. Namun karena Tuhan telah menjadikan kita sebagai anak-anak yesus, kita perlu secara nyata untuk meneladani sikap Yesus dan menyebarkan kasih Yesus ke pada banyak orang. Mulai dari memaafkan secara perlahan-lahan mendoakan lalu memperbaiki relasi dengan mereka yang telah menyakiti kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus kami mohon rahmat Allah agar kami semakin dimampukan dan dikuatkan untuk menjadi saluran kasih Yesus bagi banyak orang, menjadi pembawa damai Kristus bagi mereka yang memerlukannya. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 28 September 2021