Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Desember 2020

December 15, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Desember 2020

 

Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Desember 2020

 

Bacaan Pertama        Yesaya Bab 45 : ayat 6b – ayat 8. ayat 18. ayat 21b – ayat 25

Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Yes 45:6 supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

Yes 45:7 yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semuanya ini.

Yes 45:8 Hai langit, teteskanlah keadilan dari atas, dan baiklah awan-awan mencurahkannya! Baiklah bumi membukakan diri dan bertunaskan keselamatan, dan baiklah ditumbuhkannya keadilan! Akulah TUHAN yang menciptakan semuanya ini.”

Yes 45:18 Sebab beginilah firman TUHAN, yang menciptakan langit, ?Dialah Allah?yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, ?dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami?:”Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain.

Yes 45:21 Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!

Yes 45:22 Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.

Yes 45:23 Demi Aku sendiri Aku telah bersumpah, dari mulut-Ku telah keluar kebenaran, suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali: dan semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa,

Yes 45:24 sambil berkata: Keadilan dan kekuatan hanya ada di dalam TUHAN. Semua orang yang telah bangkit amarahnya terhadap Dia akan datang kepada-Nya dan mendapat malu,

Yes 45:25 tetapi seluruh keturunan Israel akan nyata benar dan akan bermegah di dalam TUHAN.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 85:9ab-10.11-12.13-14

Hai langit, teteskanlah keadilan, hai awan, curahkanlah keadilan. 

  • Mzm 85:9 (85-10) Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita.

Mzm 85:10 (85-11) Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman.

  • Mzm 85:11 (85-12) Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan menjenguk dari langit.
  • Mzm 85:12 (85-13) Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.

Mzm 85:13 (85-14) Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan akan membuat jejak kaki-Nya menjadi jalan.

 

Bait Pengantar Injil          Yesaya Bab 40 : ayat 9 – ayat 10

Nyaringkanlah suaramu, hai pembawa kabar baik. Lihat, Tuhan Allah datang dengan kekuatan.

 

Bacaan Injil                  Lukas Bab 7 : ayat 19 – ayat 23

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Luk 7:19 ia memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan: “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?”

Luk 7:20 Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata: “Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya kepada-Mu: Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?”

Luk 7:21 Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta.

Luk 7:22 Dan Yesus menjawab mereka: “Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.

Luk 7:23 Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Kita menyebut seseorang yang bisa menyembuhkan sebagai dokter.

Kita menyebut sesorang yang biasa mengajarkan kita sebagai guru.

Singkatnya, kita mengenal orang atau dapat mengidentifikasi orang dari apa yang ia lakukan.

Bacaan kita pada hari ini Yohanes pembabtis bertanya dalam bacaan injil melalui dua orang muridnya. Namun saat sedang bertanya Yesus sedang melakukan satu aktifitas. Jawaban Yesus bisakita baca dalam bacaan injil hari ini. Namun, jawaban Yesus membuat kita sedikit bingung menasirkannya. Tetapi jawaban Yesus dalam bacaan injil bisa di baca lebi jelas lagi dalam bacaan pertama kita pada hari ini. Betul, Yesus adalah Mesias, Juruslamat kita. Kita juga bisa mengidentifikasi Yesus dari apa yang dilakukan Yesus dalam bacaan injil.

Relevansinya bagi kita adalah, orang mengenal kita dari apa yang kita lakukan. Orang Kristiani adalah pengikut Kristus. Apakah tindakan kita sudah mencerminkan tindakan-tindakan yang kita lakukan setiap hari sudah mencerminkan sebagai orang Kristiani yang mengikut Yesus? Atau malah mencerminkan tindakan yang Yesus kritik?

 

 

Doa

Tuhan Yesus, tuntunlah kami ke jalan-Mu jalan yang benar agar kami dapat menerima keselamatan dari Engkau. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Desember 2020