Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Juni 2021

June 13, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Juni 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Juni 2021

Bacaan Pertama      2 Korintus Bab 9 : ayat 6 – ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:

Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. Seperti ada tertulis: “Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya.” Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 112:1-2.3-4.9

Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan, yang sangat suka akan segala perintah-Nya

  • Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.
    Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.
  • Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.
    Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.
  • Ia membagi-bagikan, ia memberikan kepada orang miskin; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan.

 

Bait Pengantar Injil     Yohanes Bab 14 : ayat 23

Barang siapa mengasihi Aku, ia akan mentaati Sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan kami akan datang padanya.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 6 : ayat 1 – ayat 6. ayat 16 – ayat 18

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

“Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” “Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.
“Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Banyak dari kita yang terjun dalam pelayanan di gereja, pasti kita pernah merasakan jenuh ketika berada dalam suatu pelayanan. Hal itu mengakibatkan kekeringan rohani dalam diri kita dan merasa semua pelayanan ini menjadi datar-datar saja seperti paksaan atau kewajiban semata. Apa yang kita cari dalam pelayanan ini? Apakah kita selama ini memberi tidak dengan sukacita tetapi dengan ekspektasi manusia lain?

Bacaan Injil hari ini mengajarkan kita semua untuk “janganlah kamu melakukan kewajiban agama mu supaya dilihat orang.” kalimat ini sangat menusuk sekali. Karena kalau kita melakukan semua ini demi dilihat orang, begitu orang tidak melihatnya lagi, kita bakal merasa kecewa dan menjadi beban dalam diri kita sendiri atau bahkan yang lebih parahnya kita bisa berpikiran “sia-sia kita melayani”.

Baik Tuhan Yesus dalam bacaan Injil maupun Rasul Paulus dalam suratnya di bacaan pertama, mereka semua mengingatkan kita untuk memberi dan melakukan semuanya dengan kerelaan hati dan sukacita, karena tanpa kedua hal itu, semua yang sudah kita beri akhirnya jadi ekspektasi belaka.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, berikanlah kami hati yang tulus ikhlas dan sukacita yang penuh dalam melayani di manapun kami berada. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 16 Juni 2021