Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 22 September 2021

September 20, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 22 September 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 22 September 2021

Bacaan Pertama     Ezra Bab 9 : ayat 5 –  ayat 9

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Ezra :

Pada waktu korban petang bangkitlah aku dan berhenti menyiksa diriku, lalu aku berlutut dengan pakaianku dan jubahku yang koyak-koyak sambil menadahkan tanganku kepada TUHAN, Allahku, dan kataku: “Ya Allahku, aku malu dan mendapat cela, sehingga tidak berani menengadahkan mukaku kepada-Mu, ya Allahku, karena dosa kami telah menumpuk mengatasi kepala kami dan kesalahan kami telah membubung ke langit. Dari zaman nenek moyang kami sampai hari ini kesalahan kami besar, dan oleh karena dosa kami maka kami sekalian dengan raja-raja dan imam-imam kami diserahkan ke dalam tangan raja-raja negeri, ke dalam kuasa pedang, ke dalam penawanan dan penjarahan, dan penghinaan di depan umum, seperti yang terjadi sekarang ini. Dan sekarang, baru saja kami alami kasih karunia dari pada TUHAN, Allah kami yang meninggalkan pada kami orang-orang yang terluput, dan memberi kami tempat menetap di tempat-Nya yang kudus, sehingga Allah kami membuat mata kami bercahaya dan memberi kami sedikit kelegaan di dalam perbudakan kami. Karena sungguhpun kami menjadi budak, tetapi di dalam perbudakan itu kami tidak ditinggalkan Allah kami. Ia membuat kami disayangi oleh raja-raja negeri Persia, sehingga kami mendapat kelegaan untuk membangun rumah Allah kami dan menegakkan kembali reruntuhannya, dan diberi tembok pelindung di Yehuda dan di Yerusale

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  13:2.3-4a.4bcd.5.8

Terpujilah Allah yang hidup selama-lamanya

  • hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.
    Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar;
  • tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,
    yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya.

Bait Pengantar Injil            Markus Bab 1 : ayat 15

Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada injil

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 9 : ayat 1 – ayat 6

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, kata-Nya kepada mereka: “Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka.” Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bacaan injil hari ini mengisahkan tentang Yesus yang mengutus ke dua belas muridnya untuk mewartakan Kerajaan Allah. Mereka semua ditugaskan sebagai utusan, dengan tidak membawa apa-apa agar mampu lebih berkonsentrasi pada pewartaan.

Allah memberikan kepada kita tugas perutusan. Target utamanya adalah membawa dan menghadirkan rahmat keselamatan diantara kita. Pentingnya dari tugas perutusan itu adalah, kita diajak untuk tetap setia mengikuti Yesus, karena dengan kesetiaan itu kita mampu belajar dari Yesus ketika sedang menghadapi masa-masa sulit, kita juga belajar untuk menemukan pegangan hidup yang mendasar agar mampu memaknai seluruh perjalanan kehidupan. Tuhan lebih tau apa yang kita butuhkan, bukan seberapa sukses atau banyaknya materi yang kita dapatkan, melainkan seberapa lepas bebas kita dalam menjalankan berbagau macam tugas harian dengan tetap memaknai semuanya sebagai sarana mewartakan keselamatan bagi siapapin demi kemuliaan Tuhan.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, dampingilah dan bimbinglah kami selalu agar kami mampu melaksakan Tugas Perutusan yang Kau berikan dengan penuh ketulusan. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 22 September 2021