Renungan Harian Katolik Rabu 3 Mei 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024

Renungan Harian Katolik Rabu 3 Mei 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 3 Mei 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Komsos Gereja Maria Bunda Karmel

Bacaan Pertama 3 Mei 2023

1 Korintus 15:1-8

Saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu akan Injil yang aku beritakan kepadamu dan telah kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.

Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, sebagaimana kuberitakan kepadamu; kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, yakni bahwa Kristus telah wafat karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci;

bahwa Ia telah dimakamkan, dan pada hari yang ketiga telah dibangkitkan sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas, dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.

Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.

Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, lalu kepada semua rasul. Dan yang paling akhir Ia menampakkan diri juga kepadaku, seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 3 Mei 2023

Mzm 19:2-3.4-5

Ref. Nama Tuhan hendak kuwartakan di tengah umat kumuliakan.

  1. Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan karya tangan-Nya; hari yang satu mengisahkan kepada hari yang lain, dan malam yang satu menyampaikan pengetahuannya kepada malam berikut.
  2. Meskipun tidak berbicara, dan tidak memperdengarkan suara, namun di seluruh bumi bergaunglah gemanya, dan amanat mereka sampai ke ujung bumi.

Bait Pengantar Injil 3 Mei 2023

Yohanes 14:6

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tak seorang pun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

Bacaan Injil 3 Mei 2023

Yohanes 14:6-14

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada Tomas, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.

Sekarang ini kamu mengenal Dia, dan kamu telah melihat Dia.” Kata Filipus kepada Yesus, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata ‘Tunjukkanlah Bapa kepada kami?’ Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?

Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu.

Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 3 Mei 2023

Apakah Anda ingin mengenal Tuhan? Pertama-tama Anda harus mengenal Yesus karena hanya melalui Yesus Anda akan mengenal Allah. Tetapi bagaimana Anda mengenal Yesus? Doa harus menjadi bagian integral dari gaya hidup Anda. Dan Anda harus meminta Yesus untuk memberi Anda rahmat mengenal Dia lebih dalam dan rahmat memiliki hubungan pribadi dengan-Nya.

Bagaimana lagi Anda akan mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus? Anda harus membaca kehidupan-Nya di dalam Alkitab, Anda harus menghadiri Misa Kudus terutama pada hari Minggu. Dan kemudian apa pun yang Anda pelajari tentang Yesus, Anda harus hidup dalam hidup Anda.

Itu selalu melalui Yesus bahwa Anda akan memiliki kesadaran akan kehadiran Allah Bapa dalam hidup Anda. Karena Yesus adalah pintu gerbang untuk mengetahui lebih banyak tentang Tuhan dan melalui Yesus mata kita akan dibukakan kepada banyak kebenaran tentang iman kita.

Apakah Anda ingin mengetahui jalannya, apakah Anda ingin mengetahui banyak kebenaran nyata tentang kehidupan dan apakah Anda ingin menemukan arti sebenarnya dari hidup Anda? Anda harus bertanya kepada Yesus dan Anda harus meminta Roh Kudus untuk mencerahkan Anda lebih banyak tentang Yesus.

Memiliki Yesus berarti memiliki hidup, memiliki Yesus berarti menemukan jalan nyata yang menuntun pada kedamaian dan kepuasan. Memiliki Yesus berarti menemukan arti hidup yang sebenarnya, hidup yang sangat jauh berbeda dari hidup yang dipaksa oleh dunia ini untuk kita terima.

Dalam Injil kita, Yesus memberi tahu Tomas dan kita juga, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia” (Yohanes 14:6-7).

Doa Penutup                                                                      

Allah Bapa, kerinduan umat manusia, Engkau telah memperkenankan kami bergembira merayakan Pesta rasul-Mu Filipus dan Yakobus. Kami percaya akan bantuan doa mereka.

Maka kami mohon semoga kami Kauperkenankan bersama mereka ikut serta dalam sengsara dan kebangkitan Putra-Mu dan pada suatu ketika memandang wajah-Mu dalam kebahagiaan abadi.

Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

 

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Rabu 3 Mei 2023 dari infokatolik.id, AYa fao-fao khou Geheha Lowalangi

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *