Renungan Harian Katolik Rabu 31 Mei 2023

  • miki katolik
  • Mar 22, 2024

Renungan Harian Katolik Rabu 31 Mei 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 31 Mei 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Komsos Gereja Maria Bunda Karmel

Bacaan Pertama 31 Mei 2023

Zefanya 3:14-18

Bersorak sorailah, hai puteri Sion, bergembiralah, hai Israel! Bersukacita dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem! Tuhan telah menyingkirkan hukuman yang dijatuhkan atasmu, Ia telah menebas binasa musuh-musuhmu.

Raja Israel, yakni Tuhan, ada di tengah-tengahmu; Engkau tidak akan takut lagi kepada malapetaka. Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem, “Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lunglai! Tuhan Allahmu ada di tengah-tengahmu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan.

Ia bersukaria karena engkau, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, dan Ia bersorak gembira karena engkau seperti pada hari pertemuan raya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 31 Mei 2023

Yesaya 12:2-3.4bcd.5-6

Ref. Tuhan, Dikaulah sumber air hidup.

  1. Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gemetar; sebab Tuhan Allah itu kekuatan dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.
  2. Pada waktu itu kamu akan berkata, “Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya, beritahukanlah karya-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah bahwa nama-Nya tinggi luhur!”
  3. Bermazmurlah bagi Tuhan, sebab mulialah karya-Nya; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi! Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu!

Bait Pengantar Injil 31 Mei 2023

Lukas 1:45

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Berbahagialah dia yang telah percaya, sebab firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana.

Bacaan Injil 31 Mei 2023

Lukas 1:39-56

Beberapa waktu sesudah kedatangan Malaikat Gabriel, bergegaslah Maria ke pegunungan menuju sebuah kota di wilayah Yehuda. Ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.

Ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya, dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring, “Diberkatilah engkau di antara semua wanita, dan diberkatilah buah rahimmu.

Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Sungguh, berbahagialah dia yang telah percaya, sebab firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana.”

Lalu kata Maria, “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku, dan nama-Nya adalah kudus.

Rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya, dan menceraiberaikan orang-orang yang congkak hatinya;

Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya, dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa;

Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya.” Kira-kira tiga bulan lamanya Maria tinggal bersama dengan Elisabet, lalu pulang ke rumahnya.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 31 Mei 2023

Apakah Anda akan mengerahkan upaya untuk memberikan kunjungan mendadak kepada seorang kerabat? Banyak dari kita sangat sibuk sehingga hampir tidak punya waktu untuk usaha mulia semacam ini. Tetapi jika banyak dari kita tidak punya waktu untuk menjangkau kerabat kita, Bunda Maria selalu punya waktu.

Bayangkan saja Bunda Terberkati bepergian berhari-hari dengan keledai saat hamil hanya untuk menghibur sepupunya Elizabeth yang sedang hamil. Siapa di antara kita yang akan melakukan itu? Mungkin hanya sedikit karena banyak dari kita yang tidak punya waktu.

Kita telah membiarkan dunia ini mendikte kita untuk selalu disibukkan dengan hal-hal dunia ini. Sibuk dengan mengorbankan penguatan ikatan kita dengan teman dan kerabat kita? Ya, ketika kita membiarkan diri kita terlalu sibuk dengan keduniawian. Dasi yang mengikat kita dengan teman-teman dan sanak saudara kita tidak dipedulikan dan ini tidak baik.

Tapi tidak dengan Bunda Maria karena dia adalah wanita luar biasa yang diberkati yang selalu penuh cinta, perhatian dan kasih sayang terhadap sanak saudaranya dan juga kepada kita.

Bunda Terberkati tidak pernah memikirkan keselamatannya sendiri dan kesulitannya sendiri (Karena dia juga sedang hamil pada waktu itu). Dia menerjang jarak yang sangat jauh dan tekanan pada dirinya sendiri hanya untuk memberikan dirinya kepada sepupunya Elizabeth.

Berapa banyak dari kita yang masih rela melupakan diri sendiri hanya demi mengunjungi kerabat dan sahabat demi membahagiakan mereka dengan kehadiran kita?

Doa Penutup

Allah Bapa yang kekal dan kuasa, Engkau telah mendorong Santa Perawan Maria, yang sedang mengandung Putra-Mu, untuk mengunjungi Santa Elisabet, saudarinya. Semoga kami pun senantiasa mentaati dorongan Roh Kudus.

Maka bersama Santa Perawan Maria kami akan selalu dengan gembira memuji karya-Mu yang agung. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Rabu 31 Mei 2023 dari infokatolik.id, Tuhan Yesus memberkati katong samua.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *