Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 November 2020

November 6, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 November 2020

 

Bacaan Pertama       Filipi Bab 4 : ayat 10 – ayat 19

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi:

Flp 4:10 Aku sangat bersukacita dalam Tuhan, bahwa akhirnya pikiranmu dan perasaanmu bertumbuh kembali untuk aku. Memang selalu ada perhatianmu, tetapi tidak ada kesempatan bagimu.

Flp 4:11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

Flp 4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.

Flp 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Flp 4:14 Namun baik juga perbuatanmu, bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku.

Flp 4:15 Kamu sendiri tahu juga, hai orang-orang Filipi; pada waktu aku baru mulai mengabarkan Injil, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaatpun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan aku selain dari pada kamu.

Flp 4:16 Karena di Tesalonikapun kamu telah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku.

Flp 4:17 Tetapi yang kuutamakan bukanlah pemberian itu, melainkan buahnya, yang makin memperbesar keuntunganmu.

Flp 4:18 Kini aku telah menerima semua yang perlu dari padamu, malahan lebih dari pada itu. Aku berkelimpahan, karena aku telah menerima kirimanmu dari Epafroditus, suatu persembahan yang harum, suatu korban yang disukai dan yang berkenan kepada Allah.

Flp 4:19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 112:1-2.5-6.8a-9

Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan.

  • Mzm 112:1 Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.

Mzm 112:2 Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.

  • Mzm 112:5 Mujur orang yang menaruh belas kasihan dan yang memberi pinjaman, yang melakukan urusannya dengan sewajarnya.

Mzm 112:6 Sebab ia takkan goyah untuk selama-lamanya; orang benar itu akan diingat selama-lamanya.

  • Mzm 112:8 Hatinya teguh, ia tidak takut, sehingga ia memandang rendah para lawannya.

Mzm 112:9 Ia membagi-bagikan, ia memberikan kepada orang miskin; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan.

 

Bait Pengantar Injil      2 Korintus Bab 8 : ayat 9

Yesus Kristus telah menajdi miskin meskipun Ia kaya, agar kalian menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 16 : ayat 9 – ayat 15

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 16:9 Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi.”

Luk 16:10 “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Luk 16:11 Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?

Luk 16:12 Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Luk 16:13 Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Luk 16:14 Semuanya itu didengar oleh orang-orang Farisi, hamba-hamba uang itu, dan mereka mencemoohkan Dia.

Luk 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu membenarkan diri di hadapan orang, tetapi Allah mengetahui hatimu. Sebab apa yang dikagumi manusia, dibenci oleh Allah.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Tentunya setiap orang memiliki masalah hidup, tidak ada manusia yang hidupnya lurus-lurus saja. Sekali pun saat ini hidupnya terlihat tidak ada masalah, namun sebetulnya sedang memikirkan sesuatu dimasa depannya. Orang-orang yang tidak mau berproses dalam perkara saat ini, tidak akan dapat bertumbuh iman, pengetahuan dan karakternya. Sebaliknya orang yang mau setia dalam setiap perkara kehidupannya saat ini, akan semakin bertumbuh iman, pengetahuan dan karakternya. Ada baiknya bahwa seua masalah itu kita anggap sebagai tantangan untuk melangkah maju. Dan jika ada masalah janganlah fokus terhadap masalah itu, namun fokus ke jalan keluar dan solusi.

Contoh kecil seketika di sekolah, guru mengajari kita soal yang susah, lalu kemudian di beri PR dengan soal yang agak susah, kita bisa mengerjakannya, lalu kemudian Tuhan Yesus percaya kita masih sanggup untuk memberika soal yang lebih sulit, makannya saat ujian soalnya di beri dengan level yang lebih sulit lagi. Simpelnya dari perkara kecil kita mampu menyelesaikannya dengan baik, lama-kelamaan kita dipercaya lebih lagi sehingga diberi level yang lebih tinggi dan mampu menyelesaikannya lagi.

Tuhan Yesus tidak akan memberikan sesuatu yang tidak bisa kita selesaikan. Maka dari itu kita harus percaya bahwa kita mampu menyelesaikannya dan dapat menemukan solusi serta jalan keluar.

 

Doa

Tuhan Yesus terimakasih karena telah mempercayai kami. Kami pun percaya bahwa Engkau akan selalu menjaga kami. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 November 2020