Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 15 Desember 2020

December 14, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 15 Desember 2020

 

Renungan Harian Katolik Selasa, 15 Desember 2020

 

Bacaan Pertama        Zefanya Bab 3 : ayat 1 – ayat 2. ayat 9 – ayat 13

Pembacaan dari Kitab Bilangan:

Zef 3:1 Celakalah si pemberontak dan si cemar, hai kota yang penuh penindasan!

Zef 3:2 Ia tidak mau mendengarkan teguran siapapun dan tidak mempedulikan kecaman; kepada TUHAN ia tidak percaya dan kepada Allahnya ia tidak menghadap.

Zef 3:9 “Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu.

Zef 3:10 Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia orang-orang yang memuja Aku, yang terserak-serak, akan membawa persembahan kepada-Ku.

Zef 3:11 Pada hari itu engkau tidak akan mendapat malu karena segala perbuatan durhaka yang kaulakukan terhadap Aku, sebab pada waktu itu Aku akan menyingkirkan dari padamu orang-orangmu yang ria congkak, dan engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu di gunung-Ku yang kudus.

Zef 3:12 Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN,

Zef 3:13 yakni sisa Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong; dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 34:2-3.6-7.17-18.19.23

Orang yang tertindas berseru, dan Tuhan mendengarnya. 

  • Mzm 34:2 (34-3) Karena TUHAN jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.

Mzm 34:3 (34-4) Muliakanlah TUHAN bersama-sama dengan aku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya!

  • Mzm 34:6 (34-7) Orang yang tertindas ini berseru, dan TUHAN mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.

Mzm 34:7 (34-8) Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.

  • Mzm 34:17 (34-18) Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.

Mzm 34:18 (34-19) TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

  • Mzm 34:19 (34-20) Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;

 

Bait Pengantar Injil

Tuhan, datanglah dan jangan verlambat; ringankanlah beban umat-Ku.

 

Bacaan Injil                  Matius Bab 21 : ayat 28 – ayat 32

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Mat 21:28 “Tetapi apakah pendapatmu tentang ini: Seorang mempunyai dua anak laki-laki. Ia pergi kepada anak yang sulung dan berkata: Anakku, pergi dan bekerjalah hari ini dalam kebun anggur.

Mat 21:29 Jawab anak itu: Baik, bapa. Tetapi ia tidak pergi.

Mat 21:30 Lalu orang itu pergi kepada anak yang kedua dan berkata demikian juga. Dan anak itu menjawab: Aku tidak mau. Tetapi kemudian ia menyesal lalu pergi juga.

Mat 21:31 Siapakah di antara kedua orang itu yang melakukan kehendak ayahnya?” Jawab mereka: “Yang terakhir.” Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Mat 21:32 Sebab Yohanes datang untuk menunjukkan jalan kebenaran kepadamu, dan kamu tidak percaya kepadanya. Tetapi pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal percaya kepadanya. Dan meskipun kamu melihatnya, tetapi kemudian kamu tidak menyesal dan kamu tidak juga percaya kepadanya.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Kita tidak bisa menilai orang, kita tidak tau apa yang akan diperbuat oleh orang itu. Misalnya seperti bacaan injil di atas, anak yang mengatakan “iya” ia malah tidak menerjakan amanah dari ayahnya, tetapi yang mengatakan “tidak” malah mengejrkan amanah ayahnya. Mengapa ia malah mengerjakan amanah itu? Simpelnya karena anak itu telah sadar, mengakui kesalahannya dan bertobat, hati anak itu sudah tergerak.  Tuhan Yesus lebih senang dengan orang yang melakukan bertobatan karena ia tidak menyombongkan diri bahwa ia suci.

Dalam injil hari ini, Yesus memberikan perumpamaan tentang dua anak laki-laki yang diperintahkan ayahnya. Jawaban dari kedua anaknya ini menggambarkan pilihan manusia untuk percaya itu di dasarkan pada kebebasan manusia sendiri. Allah memberikan waktu agar manusia bertobat dan menyesali atas perbuatan dan dapat mempertanggung jawabkannya. Dengan percaya dan bertobat serta melakukan perintah Allah, kita pun akan menerima keselamatan dalam Kerajaan Surga.

 

 

Doa

Tuhan Yesus, tuntunlah kami ke jalan-Mu jalan yang benar agar kami dapat menerima keselamatan dari Engkau. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 15 Desember 2020