Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 19 Januari 2021

January 17, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 19 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Selasa, 19 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        Ibrani Bab 6 : ayat 10 – ayat 20

Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani :

6:10 Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.
6:11 Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya,
6:12 agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.
6:13 Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-Nya,
6:14 kata-Nya: “Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak.”
6:15 Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya.
6:16 Sebab manusia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan sumpah itu menjadi suatu pengokohan baginya, yang mengakhiri segala bantahan.
6:17 Karena itu, untuk lebih meyakinkan mereka yang berhak menerima janji itu akan kepastian putusan-Nya, Allah telah mengikat diri-Nya dengan sumpah,
6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.
6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,
6:20 di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 111:1-2.4-5.9.10c

Tuhan selamanya ingat akan perjanjian-Nyaa.

  • 111:1 Haleluya! Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan dalam jemaah.

111:2 Besar perbuatan-perbuatan TUHAN, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.

  • 111:4 Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; TUHAN itu pengasih dan penyayang.

111:5 Diberikan-Nya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya.

  • 111:9 Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.

111:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.

Bait Pengantar Injil       Efesus Bab 1 : ayat 17 – ayat 18

Bapa Tuhan kita Yesus Kristus akan menerangi mata budi kita, agar kita mengenal harapan panggilan kita

 

Bacaan Injil               Markus Bab 2 : ayat 23 – ayat 28

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

2:23 Pada suatu kali, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum.
2:24 Maka kata orang-orang Farisi kepada-Nya: “Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?”
2:25 Jawab-Nya kepada mereka: “Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya kekurangan dan kelaparan,
2:26 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Besar lalu makan roti sajian itu–yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam–dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya?”
2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,
2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Banyak orang baik yang tidak berjalan mulus. Maksudnya adalah ketika kita menjadi orang baik banyak sekali godaan yang menghampiri diri kita, misalnya ada beberapa orang yang tidak suka dengan perbuatan kita bahkan sampai orang itu tega menjahati kita dalam diam. Terkadang kita berpikir, mengapa saya bisa seperti ini, padahal saya tetap melayani Tuhan, menjaga hubungan dengan Tuhan dan selalu berbuat baik juga kepada orang, mengapa??

Persaan dan pikiran seperti itu pasti pernah kita alami dalam hidup kita. Kita juga perlu bersyukur karena masih ada orang yang baik di sekitar kita yang manu dengan tuls membantu kita dan juga mengingatkan untuk selalu bersabar dan mencari solusi terbaik. tanpa kita sadari sebetulnya Tuhan yesus membantu kita dalam diam juga lewat orang-orang baik itu. Rahmat Tuhan selalu melimpah dalam situasi sulit sekalipun, dan Tuhan tidak melupakan kita. Kita masih harus terus belajar untuk mengubah cara berpikir kita ke hal yang lebih positif. Selain itu kita juga perlu belajar untuk bisa berfokus untuk mencari solusi yang terbaik.

Doa

Ya Allah, mampukan kami agar bisa lebih berfikus pada hal yang positif demi kelangsungan hidup kami yang penuh rasa syukur. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 19 Januari 2021