Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 16 November 2020

November 15, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 16 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Senin, 16 November 2020

 

Bacaan Pertama       Wahyu Bab 1 : ayat 1 – ayat 4; Bab 2 : ayat 1 – ayat 5a

Pembacaan dari Kitab Wahyu :

Why 1:1 Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.

Why 1:2 Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya.

Why 1:3 Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Why 1:4 Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat yang di Asia Kecil: Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhta-Nya,

Why 2:1 “Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.

Why 2:2 Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta.

Why 2:3 Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.

Why 2:4 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.

Why 2:5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 1:1-2.3.3.6

Barang siapa menang, akan Kuberi makan buah pohon kehidupan

  • Mzm 1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

Mzm 1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

  • Mzm 1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
  • Mzm 1:4 Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam yang ditiupkan angin.
  • Mzm 1:6 sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.

 

 

Bait Pengantar Injil     Yohanes Bab 8 : ayat 12

Akulah terang dunia. Barag siapa mengikuti Aku, ia akan mengikuti Aku, ia akan mempunyai terang hidup. 

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 18 : ayat 35 – ayat 43

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 18:35 Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis.

Luk 18:36 Waktu orang itu mendengar orang banyak lewat, ia bertanya: “Apa itu?”

Luk 18:37 Kata orang kepadanya: “Yesus orang Nazaret lewat.”

Luk 18:38 Lalu ia berseru: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”

Luk 18:39 Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: “Anak Daud, kasihanilah aku!”

Luk 18:40 Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepada-Nya. Dan ketika ia telah berada di dekat-Nya, Yesus bertanya kepadanya:

Luk 18:41 “Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Jawab orang itu: “Tuhan, supaya aku dapat melihat!”

Luk 18:42 Lalu kata Yesus kepadanya: “Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!”

Luk 18:43 Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Cerita orang buta dalam bacaan kali ini dapat kita ambil pesan bahwa orang buta yang tidak bisa melihat secara fisik penampilan Tuhan seperti apa, namun karena mata-imannya dapat melihat sehingga dengan penuh kepercayaan diri orang buta itu berani mengatakan bahwa yang ia lihat adalah Mesias. Dan dengan imannya itu pula, orang buta itu meminta untuk bisa melihat, dan pada akhirnya karena iman yang percaya penuh orang buta itu dapat melihat.

Contoh yang biasa kita alami dalam kehidupan sehari-hari adalah kita tidak percaya diri untuk dapat menyelesaikan tugas atau ujian itu dengan baik. Pada saat-saat itu Tuhan ingin mata-iman kita dapat melihat dan percaya kepada rencana Tuhan. Selagi kita mengandalkan Tuhan dalam setiap hidup kita, maka semua akan indah pada waktunya. Dengan iman, Tuhan Yesus akan memberikan apa yang kita perlukan dan bahkan lebih dari yang kita duga seblumnya.

Langit gelap akan berlalu, dan terang cahaya pasti akan datang.

 

Doa

Tuhan Yesus kami percaya semua akan indah pada waktunya. Kami akan giat dalam beroda sebagai sebagian dari usaha kami . Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 16 November 2020