Renungan Harian Katolik Selasa 30 Mei 2023

  • miki katolik
  • Jun 26, 2024

Renungan Harian Katolik Selasa 30 Mei 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 30 Mei 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Indonesian Carmelites

Bacaan Pertama 30 Mei 2023

Sirakh 35:1-12

Memenuhi hukum Tuhan itu sama dengan mempersembahkan banyak kurban, dan memperhatikan segala perintah Tuhan itu sama dengan mempersembahkan kurban keselamatan. Membalas kebaikan hati orang sama dengan mempersembahkan kurban sajian, dan memberi derma sama dengan menyampaikan kurban syukur.

Yang direlai oleh Tuhan ialah menjauhi kejahatan dan menolak kelaliman itu sama dengan dengan kurban penghapus dosa. Janganlah tampil di hadirat Tuhan dengan tangan kosong, sebab semuanya wajib menuruti perintah Tuhan.

Persembahan orang jujur melemaki mezbah, dan harumnya sampai ke hadapan Yang Mahatinggi. Tuhan berkenan akan kurban orang yang jujur, dan takkan melupakannya. Muliakanlah Tuhan dengan kemurahan, dan buah bungaran di tanganmu janganlah kausedikitkan.

Bawalah pemberianmu dengan muka riang, dan dengan suka hati sertakanlah bagian sepersepuluh menjadi barang kudus. Berikanlah kepada Yang Mahatinggi sesuai dengan apa yang diberikan-Nya kepadamu: itupun harus dengan murah hati dan seturut penghasilanmu.

Sebab Tuhan pasti membalas, dan akan membalas engkau tujuh kali lipat. Jangan mencoba menyuap Tuhan, sebab tidak akan Ia terima! Jangan menaruh harapan pada kurban kelaliman. Sebab Tuhan adalah hakim yang tidak memihak.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 30 Mei 2023

Mzm 50:5-6.7-8.14.23

Ref. Orang yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.

  1. ”Bawalah ke mari orang-orang yang Kukasihi, yang mengikat perjanjian dengan Daku, perjanjian yang dikukuhkan dengan kurban sembelihan!” Maka langit memberitakan keadilan-Nya: Allah sendirilah Hakim!
  2. Dengarlah, hai umat-Ku, Aku hendak berfirman! Dengarkanlah, hai Israel, Aku hendak bersaksi terhadap kamu: Akulah Allah, Allahmu! Bukan karena kurban sembelihan engkau Kuhukum, sebab kurban bakaranmu senantiasa ada di hadapanku!
  3. Persembahkanlah syukur sebagai kurban kepada Allah, dan bayarlah nazarmu kepada Yang Mahatinggi. Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai kurban, ia memuliakan Daku; dan siapa yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah!

Bait Pengantar Injil 30 Mei 2023

Matius 11:25

Ref. Alleluya.

Terpujilah Engkau Bapa, Tuhan langit dan bumi, sebab misteri Kerajaan Kaunyatakan kepada kaum sederhana.

Bacaan Injil 30 Mei 2023

Markus 10:28-31

Setelah Yesus berkata betapa sukarnya orang kaya masuk Kerajaan Allah, berkatalah Petrus kepada Yesus, “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Engkau.”

Maka Yesus menjawab, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, barangsiapa meninggalkan rumah, saudara-saudari, ibu atau bapa, anak-anak atau ladangnya, pada masa ini juga ia akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak-anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan;

dan di masa datang ia akan menerima hidup yang kekal. Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 30 Mei 2023

Apa yang bisa kita serahkan untuk Yesus? Bisakah kita melepaskan kekayaan kita? Bisakah kita melepaskan hidup kita yang penuh dosa, hedonisme dan keduniawian? Mungkin ini cukup sulit dilakukan bagi banyak dari kita.

Tetapi jika kita melakukannya dan kita mulai mempercayai dan mencintai Yesus lebih dari dunia ini. Kita juga akan melihat peningkatan yang nyata dalam hidup kita, akan ada lebih sedikit kekhawatiran, stres, dan masalah yang diciptakan manusia.

Ini adalah alasan mengapa kami memutuskan untuk memeluk Yesus lebih dari dunia ini. Yesus memberi tahu kita dalam Injil bahwa jika kita menyerahkan dunia ini dan memilih untuk mengikuti Dia. Kita akan menerima lebih dari yang bisa ditawarkan dunia ini. Tapi apa yang ditawarkan dunia ini kepada kita kecuali dosa, tekanan tanpa akhir melalui akumulasi kekayaan dan masalah.

Mari kita mencoba melepaskan diri dari dunia ini bahkan untuk waktu yang singkat dan kita akan melihat peningkatan besar yang akan tercipta dalam hidup kita. Marilah kita putuskan hubungan dan komunikasi kita dengan teman-teman kita yang tidak membawa kebaikan apapun dalam hidup kita.

Marilah kita juga melepaskan diri dari sifat buruk kita dan segala sesuatu yang berdosa. Setelah melakukannya marilah kita mengembangkan hubungan yang nyata dengan Yesus. Dengan lebih sering menghadiri Misa Kudus/online, dengan lebih sering berdoa dan marilah kita mulai membiasakan membaca Alkitab.

Janganlah kita takut menyerahkan dunia ini untuk Yesus.

Doa Penutup

Allah Bapa Raja Damai, anugerah-Mulah kedamaian serta pengampunan dosa. Semoga Kauukir cinta kasih-Mu dalam hati kami, agar kami dapat membagikan kedamaian-Mu itu kepada semua orang dan sekalian bangsa.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Selasa 30 Mei 2023 dari infokatolik.id, Berkah Dalem

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *