Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 31 Mei 2021

May 28, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 31 Mei 2021

Pesta Santa Perawan Maria Mengunjungi Elisabeth

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 31 Mei 2021

Bacaan Pertama      Zefanya Bab 3 : ayat 14 – ayat 18a

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Nubuat Zafanya :

Sebab cobalah tanyakan, dari ujung langit ke ujung langit, tentang zaman dahulu, yang ada sebelum engkau, sejak waktu Allah menciptakan manusia di atas bumi, apakah ada pernah terjadi sesuatu hal yang demikian besar atau apakah ada pernah terdengar sesuatu seperti itu. Pernahkah suatu bangsa mendengar suara ilahi, yang berbicara dari tengah-tengah api, seperti yang kaudengar dan tetap hidup? Atau pernahkah suatu allah mencoba datang untuk mengambil baginya suatu bangsa dari tengah-tengah bangsa yang lain, dengan cobaan-cobaan, tanda-tanda serta mujizat-mujizat dan peperangan, dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung dan dengan kedahsyatan-kedahsy yang besar, seperti yang dilakukan TUHAN, Allahmu, bagimu di Mesir, di depan matamu?
Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa Tuhanlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain. Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Yesaya 2-3.4.5-6

Agunglah di tengah-tengahmu; Yang Kudus Allah Israel.

  • Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar, sebab TUHAN ALLAH itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku.”
  • Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.
  • “Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur!
  • Bermazmurlah bagi Tuhan, sebab mulialah karya-Nya; baiklah hal ini diketahui diseluruh bumi!
    Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu!

 

Bait Pengantar Injil         Lukas Bab 1 : ayat 45

Berbahagialah dia yang telah percaya, sebab firman Tuhan yang telah dikatakan kepadanya akan terlaksana.

 

Bacaan Injil              Lukas Bab 1 : ayat 39 – ayat 56

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana.” Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya.” Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bacaan Injil hari ini menunjukkan Bagaimana Maria mengunjungi saudaranya Elisabet yang sedang hamil pada masa tuanya. Maria sama sekali tidak merasa lebih spesial hanya karena mengandung Yesus, sang Imanuel. malah dia tetap rendah hati bahkan jauh-jauh datang untuk berkunjung dan tinggal bersama saudaranya. tidak berbeda dengan situasi saat ini, Tentunya Maria mendapat kegiatan dari masyarakat karena hamil diluar nikah. namun Maria tetap menerima semua itu karena ia mengetahui Allah sedang bekerja dalam diri Maria dan Allah Sedang merencanakan itu.

melalui pribadi Maria, kita diajarkan untuk bersikap terbuka terhadap setiap rencana Tuhan dalam hidup kita, tidak untuk marah atau kecewa jika Keinginan kita tidak dikabulkan oleh Tuhan. Maria juga mencontohkan kepada kita untuk tetap rendah hati dalam segala situasi kondisi. Tidak ada manusia yang punya kedudukan lebih tinggi atau rendah karena kita semua sama dimata Tuhan. ketika hati kita mulai ingin meremehkan orang lain, kita harus mengingat Maria yang diberi keistimewaan oleh Tuhan saja masih tetap rendah hati, kita yang manusia biasa masa ingin sombong?

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Yesus, kami ingin belajar rendah hati seperti bunda Maria yang tetap rendahati, tuntunlah kami selalu, ya Yesus. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 31 Mei 2021