Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santo Konradus dari Konstanz

November 26, 2019 | Orang Kudus

Para Kudus – 26 November

Conrad of Constance, Konrad Von Konstanz

Santo Konradus berasal dari keluarga bangsawan Welf yang sangat berpengaruh. Ia adalah putra kedua Count Heinrich Von Altdorf. Setelah menempuh pendidikan di sekolah katedral di Constance, Konradus diangkat sebagai pengawas Katedral Constance lalu diangkat menjadi Uskup Constance pada tahun 934.

Sebagai uskup, Konradus membimbing para imam dan umatnya melalui teladan dan ajaran. Ia sungguh-sungguh seorang gembala yang rajin. Banyak rumah khusus untuk kaum miskin, orang sakit dan para peziarah didirikan oleh Konradus. Selain itu, ia juga membangun banyak gereja baru dan melayani sesama manusia tanpa pamrih, tanpa mengenal lelah, demi keselamatan jiwa umatnya.

Uskup Konradus menjadi sahabat dan pembimbing rohani bagi Kaisar Otto I (Otto yang Agung, Otto the Great, Otto der Große (Jerman), Ottone il Grande (Italian), Raja Jerman sejak tahun 936 dan Kaisar Kekaisaran Romawi Suci sejak tahun 962 sampai tahun 973). Ia juga pernah menjadi pembimbing Rohani bagi Ibunda Raja Otto I, Ibu Suri Santa Mathilda. Uskup yang kudus ini juga dipercaya menemani Raja Otto I dalam perjalanan ke Roma Italia pada tahun 962. Di Roma, Kaisar Otto dimahkotai oleh Paus Yohanes XII sebagai Romanorum Imperator.

Legenda populer tentang uskup Konradus menuturkan; Ketika sedang merayakan Ekaristi, saat komuni, Konradus menyantap hosti kudus dengan khidmat. Kemudian ia mengangkat piala namun tiba-tiba ia terhenti dan tertegun mengamati piala. Dalam piala berisi anggur itu terdapat seekor laba-laba besar yang amat berbisa. Tetapi beberapa saat kemudian, Konradus meminum Darah Kristus sampai tuntas.
Dalam telinganya nyaring terngiang-ngiang sabda Jesus ketika mengutus para rasul supaya mewartakan Kabar Gembira ke penjuru bumi : “Sekalipun kamu meminum racun, namun kamu tak akan mendapat celaka.”
Konradus tercatat melakukan tiga perjalanan ziarah ke Yerusalem. Ia tutup usia dengan tenang di Konstanz pada tahun 975.

Related For Santo Konradus dari Konstanz