Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Jenis-jenis Misa Natal

December 22, 2020 | Sejenak Eling

Jenis-jenis Misa Natal

ragam misa natal

 Hari natal hari natal yang umum kita memiliki nama resmi dalam memiliki nama resmi dalam Gereja sebagai  Hari Raya Kelahiran Tuhan (Nativitas Domini)

Ada ada 4 ragam misa kelahiran Tuhan, umumnya di Indonesia umumnya di Indonesia yang dirayakan hanya 2 ragam.

Misa sebelum hari Natal

In Vigilia

Biasa juga disebut sebagai Misa sebelum hari Natal. Misa ini lazimnya dirayakan pada tanggal 24 Desember, sekitar waktu vesper atau pukul 5 sampai 6 sore.

Karena masih dalam masa menantikan kelahiran Tuhan, bacaan yang digunakan juga memiliki pesan penantian dengan penekanan pada “yang akan datang”.

 

Misa Malaikat

In Nocte

Walaupun juga dirayakan pada tanggal 24 Desember malam, misa ini sudah dihitung sebagai hari raya kelahiran Tuhan. Sejatinya, misa ini dirayakan sekitar tengah malam.

Misa ini juga disebut Misa malaikat, karena bacaan yang dimaklumkan menceritakan para malaikat yang menyambut kelahiran Kristus dengan seruan “Gloria In excelsis Deo”

 

Misa Gembala

In Aurora

Sebetulnya bisa ini dirayakan sebelum matahari menyingsing, yaitu sekitar pukul 4 sampai 5 pagi pada tanggal 25 Desember.

Bisa ini juga biasa disebut sebagai Misa Fajar dan Misa Gembala, bacaan yang dimaklumkan menceritakan para gembala yang bergegas menjumpai bayi Yesus di Palungan.

 

Misa Sang Sabda Ilahi

In Die

Ragam ragam Misa ini yang paling sering dirayakan dan lazim juga  juga disebut saya juga disebut Misa siang. Misa ini dirayakan pada tanggal 25 Desember dan disebut sebagai Misa sang Sabda Ilahi, karena bacaannya memberii penekanan pada sang Sabda yang telah menjadi manusia

 

ragam misa natal

Di Indonesia, misa yang biasa dirayakan adalah Misa In nocte dan In Die.

Walaupun di Paroki biasanya disebut sebagai “Misa vigili Natal”, tetapi umumnya rumusan misa yang digunakan adalah Misa, yang berarti sudah mengikuti Misa Natal.

Misa mana yang harus diikuti?

Jika berkesempatan untuk mengikuti 4 misa, sangat baik, karena kita bisa sembari menyelami tradisi indah dalam bacaan bacaan Liturgis di setiap Misanya.

Namun jika tidak cukup pilih salah satu dari misa In Nocte, In Aurora atau In Die, sudah dianggap mengikuti Misa Natal.

Sederhananya mengikuti Misa di 24 Desember atau In Nocte tidak wajib lagi mengikuti Misa di 25 Desember.

 

Info ini dikutip dari instagram @katolikmedia

Related For Jenis-jenis Misa Natal