Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Kekuatan 57 Sen Dollar

August 24, 2019 | Sejenak Eling
Kekuatan 57 sen dollar

Seorang gadis kecil yang sedang terisak-isak berdiri dekat sebuah gereja kecil yang tidak jadi dimasukinya karena gereja tersebut penuh sesak.
“Aku tidak dapat pergi ke Sekolah minggu,” dengan tersedu-sedu ia mengadu ke pastor yang berjalan disebelahnya. Melihat penampilannya yang lusuh dan tidak rapih, pastor itu memahami alasannya dan menuntunnya masuk serta mencarikan tempat untuknya dalam Sekolah Minggu tersebut. Anak itu begitu tersentuh. Pada malam harinya sewaktu akan tidur dia memikirkan anak-anak yang tidak mempunyai tempat untuk memuja Yesus.
Kira-kira 2 tahun kemudian anak ini terbaring kaku di sebuah bangunan rumah petak yang kumuh. Orang tuanya memanggil pastor yang baik hati, teman anak gadis mereka itu, untuk mengurus pemakamannya. Sewaktu jenasah gadis cilik yang malang diangkat, ditemukan sebuah dompet bekas yang sudah kumal dan kelihatannya dicomot dari tempat sampah. Didalamnya ditemukan uang sejumlah 57 sen dollar, dan sebuah catatan cakar ayam yang ditulis dengan tangan anak-anak. Bunyinya : “Ini untuk membantu membangun gereja yang sedikit lebih besar, agar banyak anak-anak bisa ikut ke Sekolah Minggu.” Ternyata gadis cilik itu telah menabung selama 2 tahun untuk menunjukkan perhatiannya kepada anak-anak sebayanya. Ketika pastor dengan bercucuran air mata membaca catatan itu, dia segera tahu apa yang akan dia kerjakan. Catatan beserta buku saku merah yang sudah sobek-sobek dibawa ke atas mimbar. Ia menceritakan suatu kisah tentang kesetiaan dan cinta kepada sesama yang tidak mementingkan diri sendiri. Ia meminta diakon dari gereja untuk mengusahakan tambahan uang guna membangun gereja yang lebih besar.
Ceritanya tidak berakhir disitu. Sebuah kantor berita/surat kabar mempelajari kisah itu dan mempublikasikannya. Artikel itu dibaca oleh seorang makelar yang segera menawari mereka sebidang tanah yang berharga ribuan dollar. Ketika disampaikan bahwa Gereja tidak mampu membayar sebanyak itu, si makelar menawarkan tanah tersebut seharga….57 sen dollar! Anggota-anggota gereja juga memberi banyak sumbangan. Cek berdatangan dari mana-mana. Dalam kurun waktu 5 tahun, “pemberian gadis kecil” ini telah melonjak menjadi 250.000 dollar, suatu jumlah yang sangat besar pada masa itu (mendekati saat pergantian abad ke 19 ke abad 20). Cintanya yang tidak mementingkan diri sendiri telah terbayar.
Jika anda berada di kota Philadelphia, AS, carilah Gereja Temple Baptist yang mempunyai kapasitas tempat duduk 3300 orang, dan Universitas Temple tempat di mana ratusan mahasiswa dididik. Tengok juga Rumah Sakit Good Samaritan dan gedung Sekolah Minggu yang menampung ratusan anak Sekolah Minggu, sehingga tidak akan ada lagi anak-anak yang berdiri di luar gedung selama aktivitas Sekolah Minggu sedang berlangsung. Di dalam salah satu ruangan dari bangunan ini, bisa dilihat gambar dari wajah manis si gadis kecil, dimana tabungan 57 sen-nya yang kudus telah membuat sejarah yang luar biasa. Di sebelahnya adalah foto pastor yang baik hati, Dr.Russel H.Conwell, pengarang buku Acres of Diamonds, sebuah kisah nyata. Itu semua memperlihatkan apa yang bisa dikerjakan Tuhan dengan uang 57 sen.

Tuhan, betapa agung karya-Mu.

Di Sudut Hati. Anthony Harton

Related For Kekuatan 57 Sen Dollar