Renungan Harian Katolik 12 Juni 2023

  • miki katolik
  • Jun 26, 2024
Renungan Harian Katolik Kamis, 12 Agustus 2021

Renungan Harian Katolik 12 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 12 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Indonesian Carmelites

Bacaan Pertama 12 Juni 2023

2 Korintus 1:1-7

Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Timotius, saudara kita, kepada jemaat Allah di Korintus dan kepada semua orang kudus di seluruh Akhaya.

Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasih dan Allah sumber segala penghiburan.

Ia menghibur kami dalam segala penderitaan, sehingga kami sanggup menghibur semua orang yang berada dalam macam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. Sebab seperti halnya kami mendapat bagian berlimpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula berlimpahlah penghiburan kami oleh Kristus.

Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kalian, jika kami dihibur, hal itu adalah untuk penghiburanmu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita.

Kami mempunyai harapan yang teguh akan kalian. Sebab kami tahu, sebagaimana kalian turut mengambil bagian dalam kesengsaraan kami, demikian juga kalian turut mengambil bagian dalam penghiburan kami.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 12 Juni 2023

Mzm 34:2-3.4-5.6-7.8-9

Ref. Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan.

  1. Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu; puji-pujian kepada-Nya selalu ada di dalam mulutku. Karena Tuhan jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.
  2. Muliakanlah Tuhan bersama dengan daku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya. Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan daku dari segala kegentaranku.
  3. Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya, maka mukamu akan berseri-seri, dan tidak akan malu tersipu-sipu. Orang yang tertindas ini berseru, dan Tuhan mendengarkan; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.
  4. Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takwa, lalu meluputkan mereka. Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

Bait Pengantar Injil 12 Juni 2023

Matius 5:12a

Ref. Alleluya.

Bersukacitalah dan bergembiralah, sebab besarlah ganjaranmu di surga.

Bacaan Injil 12 Juni 2023

Matius 5:1-12

Pada suatu hari Yesus naik ke atas bukit, sebab melihat orang banyak. Setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Yesus mulai berbicara dan menyampaikan ajaran ini kepada mereka, “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga.

Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan.

Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

Berbahagialah orang yang dianiaya demi kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah kalian, jika demi Aku kalian dicela dan dianiaya, dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacitalah dan bergembiralah, sebab besarlah ganjaranmu di surga, sebab para nabi sebelum kalian pun telah dianiaya.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 12 Juni 2023

Seorang pria berpikir bahwa dia dapat menemukan kebahagiaannya di dunia ini sehingga dia mengejar hal-hal dunia ini. Hanya untuk mengetahui kemudian bahwa kebahagiaan duniawi bukanlah kunci menuju kebahagiaan sejati.

Yesus dalam Injil kita memberi kita delapan Sabda Bahagia, apa arti dari sabda bahagia? Artinya kebahagiaan, bukan menurut definisi dunia ini. Tapi kebahagiaan menurut tafsir Yesus.

Bagaimana kita memaknai kebahagiaan? Apakah kita menafsirkannya menurut standar dunia ini? Misalnya, banyak dari kita memiliki pola pikir untuk menemukan kebahagiaan dalam mengumpulkan uang, kekuasaan, dan memiliki segala sesuatu yang dapat ditawarkan dunia ini. Tapi ini bukanlah kunci menuju kebahagiaan sejati.

Marilah kita mencari kebahagiaan dan kepuasan kita di dalam Yesus dan menurut delapan ucapan bahagia yang Dia berikan kepada kita dan kita pasti akan menemukannya. Karena Yesus tidak menolak siapa pun yang mencari kebahagiaannya di dalam Dia dan ajaran-ajaran-Nya.

Mari kita coba merenungkan pernyataan Yesus tentang ucapan bahagia ini. Karena di dalam Yesus dan ucapan bahagia-Nya kita akan menemukan kebahagiaan sejati. Di manakah letak kebahagiaan kita saat ini?

Doa Penutup

Allah Bapa Raja Mahamulia, kerajaan-Mu Kaujanjikan kepada orang miskin dan rendah hati. Kami mohon, semoga kami dapat menerima semangat-Mu, agar dapat memasuki kedamaian-Mu dan menjadi putra dan putri-Mu.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Senin 12 Juni 2023 dari infokatolik.id, Tuhan Memberkati

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *