Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 17 September 2021

September 14, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 17 September 2021

Pesta Santo Robertus Bellarmino

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Jumat, 17 September 2021

Bacaan Pertama     1 Timotius Bab 6 : ayat 2c –  ayat 12

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan Surat Pertama Rasul Paulus kepada Timotius :

ika tuan mereka seorang percaya, janganlah ia kurang disegani karena bersaudara dalam Kristus, melainkan hendaklah ia dilayani mereka dengan lebih baik lagi, karena tuan yang menerima berkat pelayanan mereka ialah saudara yang percaya dan yang kekasih. (6-2b) Ajarkanlah dan nasihatkanlah semuanya ini. Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat?yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus?dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita, ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga, percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan. Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  49:6-7.8-9.17.18-20

Berbahagialah yang hidup miskin terdorong oleh Roh Kudus, sebab bagi merekalah Kerajaan Allah

  • mereka yang percaya akan harta bendanya, dan memegahkan diri dengan banyaknya kekayaan mereka?
    Tidak seorangpun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya,
  • karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya?
    supaya ia tetap hidup untuk seterusnya, dan tidak melihat lobang kubur.

Bait Pengantar Injil          Matius Bab 11 : ayat 25

Terpujilah Engkau, Bapa, Tuhan langit dan bumi sebab misteri kerajaan Kaunyatakan kepada orang kecil

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 8 : ayat 1 – ayat 3

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Yesus merupakan sumber sukacita, dan semua orang memiliki hak yang sama untuk dikasihi, terlepas apapun agamanya. Kita ditunjuk sebagai agen dalam mewartakan kabar gembira itu melalui diri kita sendiri. Misalnya melalui perwatakan kita, perucapan, dan perbuatan. Dengan itu, orang lain mampu melihat diri Yesus dalam diri kita pribadi. Komitmen sangat dibutuhkan untuk melayani Tuhan disepanjang hidup yaitu berupa kesungguhan dan kegembiraan dalam panggilan hidup masing-masing. Jangan sampai melayani Tuhan kita jadikan sebagai keajiban manusia semata, tetapi lebih dari pada itu melayani Tuhan mendatangkan kedamaian dan membuat diri peka dalam kehendak Allag di dalam peristiwa hidup.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Bapa, hadirlah dalam diri kami agar kami mampu mewartakan kasih-Mu dengan tulus dan penuh sukacita. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 17 September 2021