Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 9 September 2021

September 9, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 9 September 2021

Santo Petrus Klaver

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Kamis, 9 September 2021

Bacaan Pertama     Kolose Bab 3 : ayat 12 –  ayat 17

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose :

Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah. Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  150:1-2.3-4.5-6

Segala yang bernafas, pujilah Tuhan!

  • Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat!
    Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat!
  • Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi!
    Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling!
  • Pujilah Dia dengan ceracap yang berdenting, pujilah Dia dengan ceracap yang berdentang!
    Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya!

 

Bait Pengantar Injil    1 Yohanes Bab 4 : ayat 12

Jika kita saling menaruh cinta kasih, Allah tinggal dalam kita; dan cinta kasih Allah dalam kita menjadi smpurna.

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 6 : ayat 271 – ayat 38

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian. Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.” “Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam ensilik ‘Dives in Misericordia’ Bapa Suci Santo Yohanes Paulus II memaparkan bahwa kerahiman Allah, kemurahan Hati Bapa, segala sesuatu yag retak, rusak ataupun tidak ada harapan lagi. Sebagaimana kita memaafkan orang lain maka segalanya menjadi kembali baik. Dalam dimensi lain, memancarkan kemurahan hati dapat kita lakukan dalam tindakan kita yang tanpa pamrih kepada orang lain baik materi maupun waktu.

Terkadang pemberian yang terlihat kecil dan remeh, namun orang yang merasakan kemurahan hati melalui materi maupun waktu dapat dikuatkan lagi dalam harapannya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bangkit dari segala keterpurukannya.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, semoga kami mampu menjadi cermin-cermin kecil Kerahiman Allah dan Bapa yang Murah Hati dalam tugas kami untuk mewujudkan dunia yang penuh kasih dan harapan dengan rahmat Allah kita dapat melakukannya.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 9 September 2021