Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 10 Desember 2020

December 10, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 10 Desember 2020

 

Renungan Harian Katolik Kamis, 10 Desember 2020

 

Bacaan Pertama        Yesaya Bab 41 : ayat 13 – ayat 20

Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Yes 41:13 Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.”

Yes 41:14 Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.

Yes 41:15 Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukitpun akan kaubuat seperti sekam.

Yes 41:16 Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau ini akan bersorak-sorak di dalam TUHAN dan bermegah di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel.

Yes 41:17 Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka.

Yes 41:18 Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering.

Yes 41:19 Aku akan menanam pohon aras di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak; Aku akan menumbuhkan pohon sanobar di padang belantara dan pohon berangan serta pohon cemara di sampingnya,

Yes 41:20 supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan TUHAN yang membuat semuanya ini dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 145:1.9.10-11.12-13ab

Tuhan itu pengasih dan penyayang panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.

  • Mzm 145:9 TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
  • Mzm 145:10 Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau.
  • Mzm 145:11 Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu,

Mzm 145:12 untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak kerajaan-Mu.

  • Mzm 145:13 Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

 

Bait Pengantar Injil            Yeasaya Bab 45 : ayat 8

Hai langit, turunkanlah embunmu, hai awan, hujankanlah keadilan. Hai bumi, bukalah dirimu, dan tumbuhkanlah keselamatan.

 

Bacaan Injil                  Matius Bab 11 : ayat 11 – ayat 15

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Mat 11:11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

Mat 11:12 Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.

Mat 11:13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes

Mat 11:14 dan? jika kamu mau menerimanya?ialah Elia yang akan datang itu.

Mat 11:15 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaan injil pada hari ini tepatnya pada ayat 15 itu maksudnya adalah menyindir kita, kita yang belum bisa menjadi pendengar yang baik. Contoh yang sering kita alami, saat kita makan bersama dengan teman-teman tapi teman-teman kita sibuk dengan gadgetnya masing-masing, tidak peduli ada temannya yang dekat yang sedang berkumpul, atau bahkan ada yang sedang bercerita. Contoh lagi ketika kita di sekolah kita atau teman kita mendapat bagian untuk presentasi, sangat sedikit audience yang mendengarkan orang yang di depan berbicara, entah karena pembicaranya membosankan atau yang lain.  Yanng pasti kita belum menjadi pendengar yang baik. Teknologi tidak berdampak buruk bagi kita yang dekat tapi lebih dari itu kita harus mengetahui cara kita menggunakan teknologi tersebut dan bagaimana kita menghargai waktu yang kita miliki saat ini.

Terkadang kita merasa lebih baik tidak mendapatkan solusi ketika kita bercerita, dibandingkan tidak didengarkan. Karena terkadang orang hanya butuh di dengarkan saja. KIta harus menjadi pendengar yang baik, agar kita juga diperlakukan sama oleh orang yang kita ajak bicara.

 

 

Doa

Tuhan Yesus semoga kami dapat mencontoh dari Engkau ang bisa menjadi pendengar yang baik setiap kami bercerita dalam doa kami. . Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 10 Desember 2020