Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 24 Januari 2021

January 22, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 24 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        Yunus Bab 3 : ayat 1 – ayat 5. ayat 10

Pembacaan dari Nubuat Nabi Yunus  :

3:1 Kemudian Yesus masuk lagi ke rumah ibadat. Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya.
3:2 Mereka mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang itu pada hari Sabat, supaya mereka dapat mempersalahkan Dia.
3:3 Kata Yesus kepada orang yang mati sebelah tangannya itu: “Mari, berdirilah di tengah!”
3:4 Kemudian kata-Nya kepada mereka: “Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?” Tetapi mereka itu diam saja.
3:5 Ia berdukacita karena kedegilan mereka dan dengan marah Ia memandang sekeliling-Nya kepada mereka lalu Ia berkata kepada orang itu: “Ulurkanlah tanganmu!” Dan ia mengulurkannya, maka sembuhlah tangannya itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 25:4bc-5ab.6-7bc.8-9

Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya Tuhan.

  • 25:4 Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku.

25:5 Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.

  • 25:6 Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya TUHAN, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala.

25:7 Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya TUHAN.

  • 25:8 TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat.

25:9 Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.

 

Bacaan Kedua        1 Korintus Bab 7 : ayat 29 – ayat 31

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus  :

7:29 Saudara-saudara, inilah yang kumaksudkan, yaitu: waktu telah singkat! Karena itu dalam waktu yang masih sisa ini orang-orang yang beristeri harus berlaku seolah-olah mereka tidak beristeri;
7:30 dan orang-orang yang menangis seolah-olah tidak menangis; dan orang-orang yang bergembira seolah-olah tidak bergembira; dan orang-orang yang membeli seolah-olah tidak memiliki apa yang mereka beli;
7:31 pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Markus Bab 1 : ayat 15

Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!

 

Bacaan Injil               Markus Bab 1 : ayat 14 – ayat 20

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

1:14 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
1:15 kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”
1:16 Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
1:17 Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”
1:18 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.
1:19 Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu.
1:20 Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaan hari ini tepatnya pada bacaan injil ayat 18 pada kata “segera”. Kata “segera” bagi sebagian orang adalah keputusan untuk melakukan sesuatu dengan cepat dan tanpa alasan. Setiap orang yang dipanggil Tuhan untuk menjadi Rasul-Nya (yang sudah diutus) pasti sudah dipersiapkan oleh Tuhan dengan sebaik mungkin. Tentunya Tuhan menghendaki jawaban “ya” seperti pada bacaan ijil ayat delapan belas yang sesegera mungkin mengikuti Dia dan sesegera mungkin juga meninggalkan segala kesibukan duniawi.

Panggilan Allah untuk seluruh manusia adalah hidup memuliakan-Nya. Kata “segera” itu sudah seharusnya dimaknai dengan perbuatan, dan bergegas meninggalkan jalan hidup yang lama, tanpa melihat ke masa yang sudah terlewat, hidup baru dalam pertobatan sepanjang peziarahan di dunia.

Ada yang mengatakan bahwa panggilan Tuhan bukan pilihan yang bisa dijawab sesuai keinginan sendiri. Tetapi panggilan merupakan sebuah “perintah” dati Tuhan. Kita harus sadar siapakah aku, sehingga aku bia menolak panggilan Tuhan itu?

Allah Maha Pengasih dan Maha Adil. Konsekuensi dari apa yang kita langgar dari perintah Tuhan akan Tuhan tegakkan terhadap siapapun. Karena itu Sudah sepatutnya kita berjuan untuk dapat berjalan di jalan-Nya.

Doa

Ya Bapa, mampukanlah kami untuk setia menjadi pengikut-Mu yang selalu siap akan setiap perintah Mu yang pasti tidak akan menyesatkan kami. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 24 Januari 2021