Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 4 November 2020

November 3, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 4 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Rabu, 4 November 2020

 

Bacaan Pertama       Filipi Bab 2 : ayat 12 – ayat 18

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi:

Flp 2:12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,

Flp 2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Flp 2:14 Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,

Flp 2:15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,

Flp 2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Flp 2:17 Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian.

Flp 2:18 Dan kamu juga harus bersukacita demikian dan bersukacitalah dengan aku.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 27:1.4.13-14

Tuhan adalah terang an keselamatanku.

  • Mzm 27:1 Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
  • Mzm 27:4 Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.
  • Mzm 27:13 Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!

Mzm 27:14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

 

Bait Pengantar Injil       1 Petrus Bab 4 : ayat 14

Berbahagialah kalian, bila dinista karena nama Kristus, sebab Roh Allah ada padamu.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 14 : ayat 25 – ayat 33

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 14:25 Pada suatu kali banyak orang berduyun-duyun mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. Sambil berpaling Ia berkata kepada mereka:

Luk 14:26 “Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Luk 14:27 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Luk 14:28 Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?

Luk 14:29 Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia,

Luk 14:30 sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya.

Luk 14:31 Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang?

Luk 14:32 Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian.

Luk 14:33 Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaan injil pada hari ini jika di baca agak aneh sebetulnya jika di baca. Namun, maksud Tuhan dari injil yang kita baca adalah Tuhan meminta kita untuk menyangkal diri dan itulah salib yang harus kita pikul. Sewaktu zaman dahulu godaan kita hanya sebatas uang, keluarga dan nyawa, dan seiring berjalannya waktu waktu kita bisa terikat ke gadged, bucin ke pacar atau teman, terlalu fokus dengan kerjaan dan hal duniawi yang lain.

Contoh kecilnya saja kita diajak teman nongkrong sewaktu malam minggu, padahal kita ada jadwal ke gereja. Sanggup kah kita menolak ajakan itu?

Sepengalaman ini, tentu saja sulit. Tapi kita bisa belajar dari Santo Carolus Borromeus yang hari ini kita rayakan peringatan wajibnya. Santo Carolus Borromeus sanggup menolak hidup enak dari harta keluarganya dan memilih masuk ke seminari. Selama pelayanan Santo Carolus Borromeus juga merasakan godaan tentang hal duniawi. Namun ia berlatih menyangkal dirin sabar dan rendah hati. Dan berlatih itu membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah.

Tuhan Yesus tidak meminta kita untuk membenci keluarga seperti yang di katakaan dalam bacaan injil. Tapi Tuhan meminta kita memprioritaskan diri-Nya di atas segala-Nya. Cukup sulit, tetapi yakinlah kita tentu pasti bisa.

 

Doa

Tuhan Yesus, ampunilah kami jika kami terkadang  lupa akan Engkau, kami ingin belajar untuk selalu memprioritaskan Engkau kapanpun dan dimana pun kami berada. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 4 November 2020