Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Sabtu, 6 Februari 2021

February 4, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Sabtu, 6 Februari 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 6 Februari 2021

 

Bacaan Pertama        Ibrani Bab 13 : ayat 15 – ayat 17. ayat 20 – ayat 21

Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani untuk renungan harian katolik hari ini :

Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya. Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah. Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.
Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 23:1-3a.3b-4.5.6

Tuhanlah gembalaku, aku takkan berkekurangan

  • TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
    Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
    Ia menyegarkan jiwaku.
  • Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
    Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
  • Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
    Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

 

Bait Pengantar Injil     Yohanes Bab 10 : ayat 27

Domba-domba-Ku mendengar suara-Ku, sabda Tuhan. Aku mengenal mereka dan mereka mengikuti aku.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 6 : ayat 30 – ayat 34

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!” Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat. Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka. Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Hari ini Gereja memperingati Pesta Wajib Santo Paulus Miki dan teman-teman Martir yang ada di Jepang. Dalam kisahnya mereka disiksa dan di salib demi membela iman. Yang dapat kita ambil pelajaran adalah kita bersikap total dalam iman dan perbuatan. Apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita, harus kita kerjakan dengan total dan dengan rasa yang bahagia yang tulus dan ikhlas. Berikan yang terbaik untuk diri sedniri juga orang-orang yang ada disekitar kita, untuk tugas dan tanggungjawab kita dan juga untuk Tuhan.

Dalam injil tertulis “berhenti sejenak” Tuhan Yesus memberi kita untuk istirahat sebentar. Walau kita mengerjakan sesuatu dengan tulus, kita juga perlu istirahat dengan porsi yang pas. Seperti handphone yang perlu diisi daya, kita manusia yang suka overthinking juga memerlukan pengisi daya. Asupan rohani pun juga perlu kita isi dengan cara memiliki waktu hening untuk berdoa sehari-hari. Perlu kita seimbangkan antara total bekerja dan total berdoa, agar dapat berjalan dengan lancar.

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Bapa, berilah kami asupan rohani yang cukup agar kami mampu  menjalani hari dengan total berkat asupan rohani yang kami peroleh dari-Mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Sabtu, 6 Februari 2021