Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 26 Januari 2021

January 24, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 26 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Selasa, 26 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        2 Timotius Bab 1 : ayat 1 – ayat 2

Pembacaan dari Surat kedua Rasul Paulus kepada Timotius :

1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah untuk memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus,
1:2 kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.
1:3 Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, baik siang maupun malam.
1:4 Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kaucurahkan, aku ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku.
1:5 Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.
1:6 Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.
1:7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.
1:8 Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 96:1-2a.2b-3.7-8a.10

Ya Tuham kini aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.

  • 96:1 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!

96:2a Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya,

  • 96:2b kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

96:3 Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan yang ajaib di antara segala suku bangsa.

  • 96:7 Kepada TUHAN, hai suku-suku bangsa, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!

96:8 Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!

  • 96:10 Katakanlah di antara bangsa-bangsa: “TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.”

Bait Pengantar Injil       Lukas Bab 4 : ayat 18 – ayat 19

Tuhan mnegutus aku menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin dan memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan.

 

Bacaan Injil               Lukas Bab 10 : ayat 1 – ayat 9

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

10:1 Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
10:2 Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.
10:3 Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.
10:4 Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan.
10:5 Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini.
10:6 Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.
10:7 Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah.
10:8 Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu,
10:9 dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Tidak hanya para murid Tuhan Yesus yang diutus Tuhan, namun kita juga diutus Tuhan untuk mengemban amanat agung-Nya. Ketika kita sedang menjalani Tugas ini, ada situasi dimana kita seperti anak domba yang polos yang sedang berada ditengah serigala. Para murid Yesus percaya kepada Tuhan, kita pun juga harus percaya bahwa Yesus Sang Gembala Agung tidak akan pernah meninggalkan kita sendirian.

Ketika kita diutus Tuhan, berarti kita dikirim oleh Tuhan untuk menjadi wakil Tuhan. Jika kita sudah di pilih untuk menjadi perwakilan, maka sudah seharusnya kita tidak bertingkah yang mempermalukan nama Tuhan. Karena itu, sikap dan tingkahlaku kita harus selalu diperhatikan. Jangan sampai kita sebagai perwakilan Tuhan malah menjadi batu sandungan bagi orang lain.

 

Doa

Tuhan Yesus, mampukan kami dalam mengemban Tugas perutusan ini, biarlah Roh Kudus-Mu selalu menuntun kami agar dapat menyelesaikan amanat agung-Mu. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 26 Januari 2021