Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Gagal Paham

April 22, 2020 | Sejenak Eling

David Liem dan Anthony Orville adalah dua orang sahabat yang mempunyai hobby yang sama yaitu berburu, mereka tinggal di sebuah kota kecil di Iowa. Pada suatu musim gugur, David diundang oleh beberapa kerabatnya di Kanada untuk berburu di ladang mereka. Di sana dia bertemu dengan seorang pramuwisata dari suku Indian yang memiliki anjing yang sangat mengagumkan. Setiap kali David atau orang Indian itu menembak seekor itik, orang Indian itu akan berkata, “Ambil” dan anjingnya akan berlari dan berjalan diatas air, ya berjalan di atas air, membawa itik itu dan meletakkannya di kaki tuannya. Tiga kali ia melakukan hal ini. Setiap kali melihat ini, mata David melebar karena kagum. Oh.. betapa ia sangat menginginkan anjing itu! Setelah tawar-menawar, orang Indian itu menjual anjingnya dengan harga yang mahal.

David tidak sabar untuk memperlihatkan anjingnya kepada Anthony, temannya. Pada kesempatan pertama, mereka sedang berada di tepi danau. David dapat menembak seekor itik dan anjingnya segera berlari… berjalan di atas air dan membawa itik itu kepadanya. Anthony juga menembak jatuh seekor itik dan anjing itu pun membawa itik itu kepadanya. Hal ini terjadi beberapa kali dan Anthony tidak mengatakan satu patah kata pun. Akhirnya karena penasaran David bertanya kepada temannya itu, “Apakah kamu tidak melihat sesuatu yang di luar kebiasaan pada anjingku ini?”

“Ya,” kata Anthony Orville, “ia tidak dapat berenang”.

***

Setiap orang yang menyebut dirinya pengikut Kristus disebut Kristen. Namun, banyak juga umat Kristen, yang tidak mengenal pribadi Yesus Kristus secara benar dan menyeluruh.

Setiap orang Kristen yang sungguh-sungguh beriman akan mempercayai bahwa Yesus adalah Firman Allah dan Anak Allah. Dan kita melihat bahwa Yesus juga adalah Allah sendiri. Bagi kebanyakan orang percaya, mungkin sulit untuk bisa memahami bagaimana Yesus bisa menjadi Firman Allah, Anak Allah, dan bahkan juga Allah itu sendiri.

Yesus juga adalah manusia sejati tetapi tanpa dosa.
“Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.” (Yohanes 1:14)

Yesus dilahirkan oleh seorang wanita sebagaimana kita adanya. Meskipun Allah adalah Bapa-Nya, Dia dikandung dalam rahim Maria, ibuNya dengan kuasa Roh Kudus. Dia bertumbuh dan dilahirkan seperti semua bayi-bayi yang lain dilahirkan. “Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat” (Galatia 4:4).
Tubuh Yesus seperti tubuh kita. Dia merasa lapar dan haus seperti manusia lainnya, Dia menjadi lelah seperti manusia lainnya. Perasaan Yesus seperti perasaan kita. Dia juga merasa amat berdukacita atas kematian seorang sahabat sehingga Dia menangis. Dia merasa kasihan karena penderitaan orang lain. Dia juga merasa sedih dan marah karena kebejatan moral manusia. Yang membedakan-Nya adalah karena Yesus tidak berdosa dan tidak pernah melakukan dosa. Itulah sebabnya, Dia dapat menggantikan hukuman atas dosa- dosa kita.

Yesus adalah Allah yang BERINKARNASI, Ia memiliki sifat-sifat yang hanya dimiliki oleh Allah. Ia juga melakukan hal-hal yang hanya dapat dilakukan oleh Allah : Ia dapat memberikan Pengampunan, Ia juga memberikan kehidupan, Ia mempunyai kuasa membangkitkan orang mati, dan Ia akan menghakimi semua orang.

Yesus seringkali melakukan mukjizat sebagai “tanda” keallahan-Nya, namun seringkali orang gagal paham terhadap diri Yesus, karena mereka hanya mampu melihat sisi kemanusian Yesus saja.

Renungan Harian lainnya dapat dibaca di Sejenak Eling

Related For Gagal Paham