Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik 18 September 2020

September 18, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik 18 September 2020

 

Saudara-saudari sekalian, marilah kita memulai pagi dengan renungan singkat ini

Bacaan I

Pembacan diambil dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus Bab15 : ayat 12, dilanjutkan ayat 16 – ayat 20

“Andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaanmu.”

Saudara-saudara, jika kami wartakan bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan bahwa tidak ada kebangkitan orang mati? Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Dan andaikata Kristus tidak dibangkitkan, sia-sialah pewartaan kami, dan sia-sialah pula kepercayaanmu. Apalagi andaikata demikian, kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus, padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, andaikata benar bahwa orang mati tidak dibangkitkan. Sebab andaikata benar bahwa orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Dan andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaanmu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Dengan demikian binasa pulalah orang-prang yang meninggal dalam Kristus. Dan jikalau kita berharap pada Kristus hanya dalam hidup ini, maka kita ini orang-orang yang paling malang dari semua manusia. Namun, ternyata Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati sebagai yang sulung dari antara orang-orang yang telah meninggal dunia.

Mazmur Tanggapan

Mazmur Bab 17 : 1.6-7.8b.15

Pada waktu bangun aku menikmati hadirat-Mu, ya Tuhan.
*Dengarkanlah, Tuhan, perkara yang benar, perhatikanlah seruanku; berilah telinga akan doaku, dari bibir yang tidak menipu.
*Aku berseru kepada-Mu, karena Engkau menjawab aku, ya Allah; sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, dengarkanlah perkataanku. Tunjukkanlah kasih setia-Mu yang ajaib, ya Engkau, yang menyelamatkan orang-orang yang berlindung pada tangan kanan-Mu terhadap pemberontak. Sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu
*Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.

Bait Pengantar Injil

Matius Bab 11 : ayat 25

Terpujilah Engkau, Bapa, Tuhan langit dan bumi sebab misteri kerajaan Kaunyatakan kepada orang kecil.

Bacaan Injil diambil dari Injil Lukas Bab 8 : ayat 1 – ayat 3

“Beberapa wanita menyertai Yesus dan melayani Dia dengan harta bendanya.”

Yesus berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid menyertai Dia, dan juga beberapa wanita, yang telah disembuhkan-Nya dari roh-roh jahat serta berbagai macam penyakit, selalu menyertai Dia. Para wanita itu ialah: Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh setan; Yohana, isteri Khuza, bendahara Herodes, Susana dan masih banyak lagi yang lain. Wanita-wanita itu melayani seluruh rombongan dengan harta kekayaan mereka.

 

Renungan Singkat

Dari bacaan pertama dikatakan bahwa bangkit dari kematian itu merupahan sesuatu yang mustahil, tapi tidak akan mustahil bagi Allah yang membangkitkan Kristus. Bangkit tidak melulu dari kematian, bangkit juga bisa dari kekecewaan, kegagalan, kesedihan, dan pasti semua orang pernah mengalami kepahitan itu.
Dan bacaan Injil kali ini menceritakan bahwa Yesus berjalan bersama beberapa orang perempuan yang telah disembuhkannya. Seperti contoh Magdalena ketika mengalami hal yang tidak menyenangkan, apa yang di lakukan Yesus? Yesus tidak meninggalkannya, namun Ia justru menyembuhkan segala penyakit dan membebaskannya dari roh jahat. Begitupula dengan kita, ketika kita sedang mengalami hal yang tidak menyenangkan, Yesus tidak meninggalkan kita, justru Dia menghilangkan hal yang tidak menyenangkan itu sehingga menjadi menyenangkan. Yesus selalu menaruh perhatiannya kepada kita dan pasti membantu kita, sama seperti ketika Yesus menyembuhkan dan membebaskan Magdalena.

Renungan Harian katolik 18 september 2020

Doa

Ya Yesus yang baik, terimakasih atas kebangkitan Mu. Semoga kami pun dapat bangkit karena kami percaya bahwa Engkau takkan meninggalkan kami sendiri dalam kesedihan. Amin

 

Klik tombol whatsapp, agar semakin banyak orang yang membaca ini

Related For Renungan Harian Katolik 18 September 2020