Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 19 Maret 2021

March 18, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 19 Maret 2021

Hari Raya Santo Yusuf, Suami Santa Perawan Maria

 

Renungan harian katolik untuk hari ini, marilah kita bersiap diri dan mempersiapkan diri untuk membaca kitab suci yang sudah dipersiapkan daam renungan harian katolik hari ini.

Renungan Harian Katolik Jumat, 19 Maret 2021

 

Bacaan Pertama        2 Samuel Bab 7 : ayat 4 – ayat 5. Bab 12 – Bab 14. Bab 16

Renungan harian katolik hari ini Pembacaan dari Kitab Kedua Samuel :

Tetapi pada malam itu juga datanglah firman TUHAN kepada Natan, demikian: “Pergilah, katakanlah kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman TUHAN: Masakan engkau yang mendirikan rumah bagi-Ku untuk Kudiami?
Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya. Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.
Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur  89:2-3.4-5.27.29

Anak cucunya akan lestari untuk selama-lamanya. 

  • Aku hendak menyanyikan kasih setia TUHAN selama-lamanya, hendak memperkenalkan kesetiaan-Mu dengan mulutku turun-temurun.
    Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.
  • Engkau telah berkata: “Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku, Aku telah bersumpah kepada Daud, hamba-Ku:
    Untuk selama-lamanya Aku hendak menegakkan anak cucumu, dan membangun takhtamu turun-temurun.”
  • Diapun akan berseru kepada-Ku: ‘Bapaku Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.
    Aku akan memelihara kasih setia-Ku bagi dia untuk selama-lamanya, dan perjanjian-Ku teguh bagi dia.

Bacaan Kedua        Roma Bab 4 : ayat 13. ayat 16 – ayat 18. ayat 22

Renungan harian katolik Pembacaan dari Surat Paulus kepada Jemaat di Roma  :

Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman.
Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, seperti ada tertulis: “Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa” –di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada. Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”
Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Mazmur Bab 84 : ayat 5

Berbahagialah orang yang diam di rumah-Mu, yang memuji-muji Engkau tanpa henti.

 

Bacaan Injil               Matius Bab 1 : ayat 16. ayat 18 – ayat 21. ayat 24a

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.
Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam bacaan Injil hari ini yang diambil dalam Bab pertama ceritakan pengalaman Yusuf ketika ia bertunangan dengan Maria. Ternyata Maria telah mengandung dari Roh Kudus. Suatu hal yang sulit sekali untuk dipahami dengan pikiran manusia. Dalam keraguan, Yusuf menceritakan kepada Maria secara diam-diam, tanpa diketahui Allah ikut campur tangan dalam peristiwa ini. Malaikatnya diutus untuk meyakinkan Yusuf agar mengambil Maria sebagai istrinya.

Dari peristiwa yang dialami oleh Yusuf ini kita dapat belajar bahwa Allah selalu hadir dan campur tangan dalam setiap peristiwa kehidupan kita umat manusia. Ketika dalam kebimbangan, Allah akan memberikan tuntunan dan petunjuk kepada kita yang memohon kepadanya. Keterbukaan hati dan ketaatan Iman Yusuf telah memberi kekuatan untuk menjalankan kehendak Allah yaitu menjadi suami dari Maria yang telah mengandung dari Roh Kudus.

Kita perlu meneladani Santo Yusuf. Karena Santo Yusuf dalam keheningan batinnya ia selalu terbuka pada kehendak Allah dan taat kepada Allah. Bahkan dalam kebimbangan dan ketidakpastian kita perlu memohon bimbingan Allah. Kita harus yakin dan percaya bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita atau mereka yang mengasihi Dia.

 

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, bimbinglah kami agar kami mampu memahami maksud dari bimbingan-Mu untuk kehidupan kami yang lebih baik lagi. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut kumpulan doa.

semoga doa doa dari renungan harian katolik membantu anda.

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 19 Maret 2021