Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 13 Mei 2021

May 12, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 13 Mei 2021

Hari Kenaikan Tuhan

PF Santa Perawan Maria dari Fatima

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Kamis, 13 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 1 : ayat 1 – ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul.

Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya. Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang?demikian kata-Nya?”telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.” Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan

Kota kediaman Allah tidak akan goncang; Allah akan menolongnya menjelang pagi.

  • Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dan kesesakan sangat terbukti.  Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut.
  • Allah ada di dalanya, kota itu tidak akan goncang; Allah akan menolongnya mejelang pagi. Bangsa-bangsa ribut, kerajaan-kerajaan goncang, Ia memperdagangkan suara-Nya dan bumi pun hancur.
  • Tuhan semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Pergilah, pandanglah pekerjaan Tuhan yang mengadakan pemusnahan di bumi.

 

Bacaam Kedua          Efesus Bab 1 : ayat 17 – ayat 23

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus:

dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

 

Bait Pengantar Injil         Matius Bab 28 : ayat 19a. ayat 20b

Pergilah, jadokanlah semua bangsa murid-Ku. Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.

 

Bacaan Injil              Markus Bab 16 : ayat 15 – ayat 20

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada hari ini kita merayakan Hari Raya Kenaikan Yesus ke Surga, Peringatan Penampakan Bunda Maria di Fatima dan juga Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum Yesus meninggalkan para rasul dan naik ke Surga, Ia berpesan kepada mereka untuk memberitakan Injil. Kemudian, Ia juga memberikan kepada kita karunia-karunia sebagai “tanda”. Seperti yang tertulis pada ayat 17-18 bacaan Injil hari ini dalam Efesus 1:17-24. Karunia roh itu dapat berbeda-beda untuk setiap orang. Bira berupa hikmat, penyembuhan dan masih banyak lagi.

Setelah itu Tuhan “mengestafetkan” tugas-Nya, kepada para Rasul, dan naik ke Surga dan disaksikan oleh mereka. Sepeninggalan Yesus, para Rasul tetap menjalankan perintah-Nya untuk mewartakan Injil hingga keseluruh dunia, dan pada akhirnya mewariskan tugas itu kepada kita umat manusia, sehingga itu menjadi tugas uta,a dan pertama kita sebagai murid Yesus.

Penampakan Bunda Maria di Fatima yang kita peringati hari ini juga menyatakan hal yang sama. Dalam penampakannya, Bunda Maria berpesan agar mereka (Lucia, Jacinta, Fransisco) semakin rajin berdoa rosario untuk perdamaian dunia agar perang dapat segera selesai.

Dalam hal ini apa yang Bunda Maria lakukan sama seperti yang Yesus lakukan sebelum Ia naik ke Surga. Mereka sama-sama berpesan agar sekarang kita yang berbuat sesuatu. Agar kita mewartakan injil dan agar kita juga rajin berdoa rosario untuk dunia kita. Tuhan pasti akan selalu menyertai kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Bunda Maria, Bunda yang baik hati, masuklah kedalam hati kami agar kami giar dalam berdoa rosario dibulan maria ini bahkan sampai seterusnya. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 13 Mei 2021