Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 5 November 2020

November 4, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 5 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Kamis, 5 November 2020

 

Bacaan Pertama       Filipi Bab 3 : ayat 3 – ayat 8a

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi:

Flp 3:3 karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.

Flp 3:4 Sekalipun aku juga ada alasan untuk menaruh percaya pada hal-hal lahiriah. Jika ada orang lain menyangka dapat menaruh percaya pada hal-hal lahiriah, aku lebih lagi:

Flp 3:5 disunat pada hari kedelapan, dari bangsa Israel, dari suku Benyamin, orang Ibrani asli, tentang pendirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi,

Flp 3:6 tentang kegiatan aku penganiaya jemaat, tentang kebenaran dalam mentaati hukum Taurat aku tidak bercacat.

Flp 3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.

Flp 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 105:2-3.4-5.6-7

Biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.

 

  • Mzm 105:2 Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!

Mzm 105:3 Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari TUHAN!

  • Mzm 105:4 Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!

Mzm 105:5 Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Ny dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya,

  • Mzm 105:6 hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, orang-orang pilihan-Nya!

Mzm 105:7 Dialah TUHAN, Allah kita, di seluruh bumi berlaku penghukuman-Nya.

 

Bait Pengantar Injil      Matius Bab 11 : ayat 28

datanglah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat. aku akan memerikan kelegaan kepada kalian.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 15 : ayat 1 – ayat 10

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 15:1 Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia.

Luk 15:2 Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: “Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka.”

Luk 15:3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:

Luk 15:4 “Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?

Luk 15:5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,

Luk 15:6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetanggan serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.

Luk 15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.”

Luk 15:8 “Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?

Luk 15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.

Luk 15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaan pertama dengan bacaan injil sangat singkron. Pada bacaan pertama tertulis saat bertemu dengan Kristus, semua yang ditemukannya menjadi rugi. Jika kita bertemu dengan Tuhan Yesus Kristus memang semuanya jadi merasa sangat aman dan tenang tak perlu khawatir akan apapun, karena Kristus sayang dengan kita dan tidak mau kita kenapa-kenapa, Dia selalu menajaga kita.

Hubungannya dengan bacaan injil adalah ketika kita di jaga oleh Tuhan, dan suatu saat kita hilang merasa tak berharga dan kemudian diketemukan kembali, Tuhan Yesus menyambut kita dengan penuh suka cita karena Tuhan Yesus menganggap kita berharga.

Maka dari itu, marilah kita melihat diri kita lebih dan secara pribadi sama seperti Tuhan Yesus yang melihat kita secara pribadi bukan fisik.

 

Doa

Tuhan Yesus terimakasih karena telah menyambut kami yang hilang dengan penuh sukacita. Semoga kami dapat terus bersukacita dalam segala kondisi. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 5 November 2020