Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 Juli 2021

  • infokatolik
  • Apr 19, 2024
Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 Juli 2021

Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 Juli 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 Juli 2021

Bacaan Pertama      Keluaran Bab 24 : ayat 3 – ayat 8

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Keluaran:

Lalu datanglah Musa dan memberitahukan kepada bangsa itu segala firman TUHAN dan segala peraturan itu, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak: “Segala firman yang telah diucapkan TUHAN itu, akan kami lakukan.” Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel. Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan kepada TUHAN. Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu. Diambilnyalah kitab perjanjian itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: “Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan.” Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: “Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 50:1-2.5-6.14-15

Persembahkanlah kurban pujian kepada Allah

  • Mazmur Asaf. Yang Mahakuasa, TUHAN Allah, berfirman dan memanggil bumi, dari terbitnya matahari sampai kepada terbenamnya.
    Dari Sion, puncak keindahan, Allah tampil bersinar.
  • “Bawalah kemari orang-orang yang Kukasihi, yang mengikat perjanjian dengan Aku berdasarkan korban sembelihan!”
    Langit memberitakan keadilan-Nya, sebab Allah sendirilah Hakim. Sela
  • Persembahkanlah syukur sebagai korban kepada Allah dan bayarlah nazarmu kepada Yang Mahatinggi!
    Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.”

 

Bait Pengantar Injil   Yakobus Bab 1 : ayat 21

Terimalah dengan lemah lembut sabda yang tertanam dalam hatimu, yang mampu menyelamatkan jiwamu

 

Bacaan Injil              Matius Bab 13 : ayat 24 –  ayat 30

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya. Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu? Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu. Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada bacaan pertama hari ini, diceritakan bahwa Musa memperoleh firman Tuhan. Kemudian Musa menyampaikannya kepada bangsa Israel. Saat itu, bangsa Isarel sangat bersemangat mengatakan bahwa mereka akan melakukan firman Tuhan.

Setiap kali ada bacaan kita serin gmenjadwab dengan “Syukur kepada Allah” atau “Terpujlah Kristus”. Hendaknya jawaban itu kita ucapkan dengan kesediaan yang mantap. Tidak hanya pada mulut saja, tetapi kita sungguh melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin kita memang tidak mendapat firman secara langsung seperti orang Israel, tetapi pasti kita mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Allah, semoga dengan kami membaca firman-Mu, kami dapat menerapkannya dalam kehidupan kami sehari-hari. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *