Renungan Harian Katolik Senin 15 Mei 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024
Renungan Harian Katolik Jumat, 11 Juni 2021

Renungan Harian Katolik Senin 15 Mei 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 15 Mei 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Komsos Gereja Maria Bunda Karmel

Bacaan Pertama 15 mei 2023

Kisah Para Rasul 16:11-15

Setelah Paulus mendapat pesan dari Surga supaya menyeberang ke Makedonia, kami, Paulus dan Silas, bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake. Keesokan harinya tibalah kami di Neapolis; dan dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma.

Di kota itu kami tinggal beberapa hari. Pada hari Sabat kami keluar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ. Setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang berkumpul di situ.

Salah seorang dari perempuan-perempuan itu, yang bernama Lidia, turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, seorang yang beribadah kepada Allah.

Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, Lidia mengajak kami, katanya, “Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku.” Ia mendesak sampai kami menerimanya.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 15 Mei 2023

Mzm 149:1-2.3-4.5-6a.9b

Ref. Tuhan berkenan kepada umat-Nya.

  1. Nyanyikanlah bagi Tuhan lagu yang baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh! Biarlah Israel bersukacita atas Penciptanya, biarlah Sion bersorak-sorai atas raja mereka.
  2. Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi! Sebab Tuhan berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang yang rendah hati dengan keselamatan.
  3. Biarlah orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur! Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, itulah semarak bagi orang yang dikasihi Allah.

Bait Pengantar Injil 15 Mei 2023

Yohanes 15:26-27

Ref. Alleluya.

Roh Kebenaran akan bersaksi tentang Aku, sabda Tuhan; tetapi kamu juga harus bersaksi.

Bacaan Injil 15 Mei 2023

Yohanes 15:26-16:4a

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jikalau penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan; bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.

Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya, kamu ingat bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.”

Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 15 Mei 2023

Apa yang memperkuat tekad kita untuk terus melanjutkan hidup kita? Ini adalah hubungan doa kita dengan Tuhan dan Yesus. Hubungan doa kita dengan Tuhan dan Yesus mengilhami kita dan memberi kita harapan setiap kali kita jatuh dan lelah.

Melalui hubungan kita dengan Tuhan dan Yesus, kita diberikan karunia untuk membedakan kehadiran sang pembela atau Roh Kudus di tengah-tengah kita. Untuk alasan ini, kita harus memiliki hubungan yang teratur dengan Tuhan dan Yesus. Karena keduanya adalah fasilitator kehadiran advokat dalam kehidupan kita.

Dalam Injil kita, Yesus menyebutkan kepada para murid tentang pembela yang akan Dia kirimkan kepada mereka atas izin Bapa-Nya (Yohanes 15:26). Advokat akan terus menginspirasi mereka untuk tabah dalam misi mereka terlepas dari kesulitan yang mungkin mereka hadapi. Itu akan melindungi mereka dari bahaya dan itu akan menuntun mereka untuk melakukan apa yang benar.

Kita juga bisa memiliki kesadaran akan kehadiran sang Pembela atau Roh Kudus jika kita selalu terhubung dengan Tuhan. Dan bagaimana kita bisa memiliki hubungan dengan Tuhan? Kita harus rajin berdoa.

Doa Penutup

Ya Bapa, terima kasih untuk telingaku, sehingga aku bisa mendengarkan sabda Putera-Mu. Terima kasih untuk hatiku, sehingga aku bisa menyimpan ajaran-Nya. Bantulah dengan rahmat-Mu agar imanku semakin bertambah dan bertumbuh. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Senin 15 Mei 2023 dari infokatolik.id, Ya fao-fao khou Geheha Lowalangi.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *