Renungan Harian Katolik Senin 8 Mei 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024

Renungan Harian Katolik Senin 8 Mei 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 8 Mei 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel MSC TV Indonesia

Bacaan Pertama 8 Mei 2023

Kisah Para Rasul 14:5-18

Waktu terjadi penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem, Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.

Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua menerima apa yang diberitakannya itu dengan bulat hati.

Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.

Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu. Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke sana.

Setibanya di sana kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab Roh Kudus belum turun atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Kemudian Petrus dan Yohanes menumpangkan tangan di atas orang-orang yang percaya itu, dan mereka menerima Roh Kudus.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 8 Mei 2023

Mzm 115:1-2.3-4.15-16

Ref. Bukan kepada kami, ya Tuhan, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan.

  1. Bukan kepada kami, ya Tuhan, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setia-Mu! Mengapa bangsa-bangsa akan berkata, “Di mana Allah mereka?”
  2. Allah kita di surga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya! Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia.
  3. Diberkatilah kamu oleh Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. Langit itu langit kepunyaan Tuhan, dan bumi itu telah diberikan-Nya kepada anak-anak manusia

Bait Pengantar Injil 8 Mei 2023

Yohanes 14:26

Ref. Alleluya.

Roh Kudus akan mengajarkan segala sesuatu kepada kamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Bacaan Injil 8 Mei 2023

Yohanes 14:21-26

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku, dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku padanya.”

Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya, “Tuhan, apakah sebabnya Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?” Jawab Yesus, “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku.

Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya, dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Demikianlah sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 8 Mei 2023

Ada sebuah cerita tentang sepasang suami istri yang selalu pergi ke Misa Minggu untuk memenuhi kewajiban hari Minggu mereka. Selama di gereja mereka terlihat saleh dan berbakti pada iman.

Namun ketika mereka pulang sisi lain mereka yang merupakan kepribadian mereka yang sebenarnya tiba-tiba terungkap. Mereka meneriaki pembantu mereka, mereka meneriaki anak-anak mereka dan mereka bertindak seperti diktator di rumah mereka.

Apakah mereka benar-benar mencintai Tuhan? Saya kira tidak, kasih mereka kepada Tuhan itu dangkal dan terbatas di dalam empat dinding gereja mereka.

Dalam Injil Yesus berkata: “Barangsiapa mengasihi Aku akan dikasihi oleh Bapa-Ku, dan Aku akan mengasihi dia dan menyatakan diri-Ku kepadanya.” Tentu saja Yesus dan Allah Bapa dua pribadi pertama dari trinitas belum menampakkan diri kepada pasangan ini.

Yesus selanjutnya menyatakan, ”Barangsiapa mengasihi aku akan menepati janjiku, dan Bapakku akan mencintainya, dan kami akan datang kepadanya dan tinggal bersamanya.”

Terkadang sangat sulit bagi banyak dari kita untuk memahami misteri keesaan Allah dan Yesus hanya karena kita tidak setia pada iman kita. Apa yang kita dengar dan pelajari di gereja selama khotbah/homili Imam hanya masuk dan keluar di telinga kita. Banyak dari kita tidak hidup dan memberikan substansi pada iman kita.

Doa Penutup

Allah Bapa pokok sukacita kami, Engkau mempersatukan hati umat beriman untuk mengejar tujuan yang sama. Semoga kami menyayangi perintah-Mu dan merindukan njanji-Mu, agar di tengah kesibukan dunia ini, hati kami tetap terpikat pada sukacita sejati.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Senin 8 Mei 2023 dari infokatolik.id, Benedicite deum

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *