Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 9 Agustus 2021

August 6, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 9 Agustus 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 9 Agustus 2021

Bacaan Pertama     Ulangan Bab 10 : ayat 12 – ayat 22

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Ulangan:

“Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu. Sesungguhnya, TUHAN, Allahmulah yang empunya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit, dan bumi dengan segala isinya; tetapi hanya oleh nenek moyangmulah hati TUHAN terpikat sehingga Ia mengasihi mereka, dan keturunan merekalah, yakni kamu, yang dipilih-Nya dari segala bangsa, seperti sekarang ini. Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk. Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap; yang membela hak anak yatim dan janda dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan kepadanya makanan dan pakaian. Sebab itu haruslah kamu menunjukkan kasihmu kepada orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir. Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu, kepada-Nya haruslah engkau beribadah dan berpaut, dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah. Dialah pokok puji-pujianmu dan Dialah Allahmu, yang telah melakukan di antaramu perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat, yang telah kaulihat dengan matamu sendiri. Dengan tujuh puluh orang nenek moyangmu pergi ke Mesir, tetapi sekarang ini TUHAN, Allahmu, telah membuat engkau banyak seperti bintang-bintang di langit.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  147:12-15.19-20

Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem.

  • Megahkanlah TUHAN, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion!
    Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anakmu di antaramu.
  • Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik.
    Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi; dengan segera firman-Nya berlari.
  • Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
    Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

 

Bait Pengantar Injil   2 Tesalonika Bab 2 : ayat 14

Allah memanggil kita, agar kita memperoleh kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus

 

Bacaan Injil              Matius Bab 17 : ayat 22 –  ayat 27

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.” Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kapernaum datanglah pemungut bea Bait Allah kepada Petrus dan berkata: “Apakah gurumu tidak membayar bea dua dirham itu?”
Jawabnya: “Memang membayar.” Dan ketika Petrus masuk rumah, Yesus mendahuluinya dengan pertanyaan: “Apakah pendapatmu, Simon? Dari siapakah raja-raja dunia ini memungut bea dan pajak? Dari rakyatnya atau dari orang asing?”
Jawab Petrus: “Dari orang asing!” Maka kata Yesus kepadanya: “Jadi bebaslah rakyatnya. Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Injil hari ini bercerita tentang Yesus yang memberikan sebuah pesan dari perumpamaan tentang mata uang yang diberikan kepada kaisar yaitu hendaknya seseorang berlaku bijak dalam menentukan pilihan dan berikan apa yang menjadi hak orang lain. Pesan ini membuktikan bahwa sangat jelaslah kita adalah makhluk yang bebas memilih dan tidak diatur seperti robot. Setiap pilihan yang kita ambil mempunyai resikonya masing-masing, tanpa bisa kita hindari. Di sinilah Yesus mengajarkan kepada kita bahwa
hendaknya kita berlaku bijak dan mampu untuk menentukan pilihan dalam hidup.

Lalu bagaimana akhir cerita yang disampaikan tadi? Apa yang harus dia pilih? Jawabannya adalah ia harus memilih untuk bekerja dan berkomunikasi dengan atasannya bahwa ia meminta sedikit waktu untuk menjalankan kewajiban agamanya. Pertimbangan-pertimbangan yang dihadapkan kepadamu bukan membuatmu menjadi ragu melainkan untuk meyakinkan pilihanmu dan dapatsemakin bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Tuhan, ajarilah kami agar selalu bijak menanggapi pilihan yang kami pilih. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 9 Agustus 2021