Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 16 Oktober 2020

October 15, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 16 Oktober 2020

Renungan Harian Katolik Jumat, 16 Oktober 2020

 

Bacaan Pertama       Efesus Bab 1 : ayat 11 – ayat 14

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus:

Ef 1:11 Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan?kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya?

Ef 1:12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya.

Ef 1:13 Di dalam Dia kamu juga?karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu?di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Ef 1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 33:1-2.4-5.12-13

Berbahagialah bangsa yang dipilih Tuhan menjadi milik-Nya.

  • Mzm 33:1 Bersorak-sorailah, hai orang-orang benar, dalam TUHAN! Sebab memuji-muji itu layak bagi orang-orang jujur.

Mzm 33:2 Bersyukurlah kepada TUHAN dengan kecapi, bermazmurlah bagi-Nya dengan gambus sepuluh tali!

  • Mzm 33:4 Sebab firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.

Mzm 33:5 Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia TUHAN.

  • Mzm 33:12 Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri!

Mzm 33:13 TUHAN memandang dari sorga, Ia melihat semua anak manusia;

 

Bait Pengantar Injil       Mazmur Bab 33 : ayat 22

Tunjukanlah kiranya kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab pada-Mulah kami berharap.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 12 : ayat 1 – ayat 7

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 12:1 Sementara itu beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan. Lalu Yesus mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: “Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi.

Luk 12:2 Tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.

Luk 12:3 Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah.

Luk 12:4 Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi.

Luk 12:5 Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!

Luk 12:6 Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekorpun dari padanya yang dilupakan Allah,

Luk 12:7 bahkan rambut kepala mu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Di kalangan anak muda-mudi lagi jaman banget yang namanya ‘insecure’ alias ga percaya diri, lalu akhirnya timbul rasa sedih, patah hati, tidak semangat menggapai harapannya.

Tanpa kita sadari sebenarnya ada yang meganggap kita sangat sangat spesial, yaitu Tuhan Yesus. Di mata-Nya kita sangat spesial; sudah sangat terbukti dari bacaan Injil ayat 7. Dalam ayat itu pula Yesus mengatakan bahwa sehelai rambut saja Yesus tau jumlahnya. Krena kita spedial di mata Yesus, maya Dia tidak ingin melihat kita sedih, galau dan lain sebagainya, Yesus sangat ingin kita semangat dan bahagia dalam menjalani hari-hari kedepan dengan penuh sukacita.

Karena aku dan kamu alias kita spesial, masa kita tidak menjadikan Yesus orang spesial? Wajib banget untuk kita menjadikan Yesus sosok yang spesial dengan cara simpel yaitu kita menyerahkan semua persoalan hidup kita, perjuangan, mimpi dan cita-cita kepada Tuhan yesus. Seberat apapun masalah yang kita hadapi, siapapun kita dan apapun itu,, manusia tetaplah spesial untuk Tuhan.

 

Doa

Tuhan Yesus yang baik, bantulah kami agar kami mampu menyerahkan diri kami seutuhnya sepanjang hari. Amin.

 

 

Kita dapat mulai menyatukan diri dengan Tuhan dengan berdoa, kumpulan doa bisa dibaca di link ini. 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 16 Oktober 2020