Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 15 Oktober 2020

October 15, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 15 Oktober 2020

Renungan Harian Katolik Kamis, 15 Oktober 2020

Bacaan Pertama       Efesus Bab 1 : ayat 1 – ayat 10

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus:

Ef 1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah, kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus.

Ef 1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

Ef 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.

Ef 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Ef 1:5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,

Ef 1:6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.

Ef 1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

Ef 1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

Ef 1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Ef 1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 98:1.2-3ab.3cd-4.5-6

Tuhan telah memperkenalkan penyelamatan-Nya.

  • Mzm 98:1 Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
  • Mzm 98:2 TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.

Mzm 98:3ab Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel,

  • Mzm 98:3cd segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:3 Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:4 Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!

  • Mzm 98:5 Bermazmurlah bagi TUHAN dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring,

Mzm 98:6 dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring bersorak-soraklah di hadapan Raja, yakni TUHAN!

 

Bait Pengantar Injil       Yohanes Bab 14 : ayat 6

Akulah jalan, kebenaran dan hidup; hanya melalui Aku orang sampai kepada Bapa.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 11 : ayat 47 – ayat 54

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 11:47 Celakalah kamu, sebab kamu membangun makam nabi-nabi, tetapi nenek moyangmu telah membunuh mereka.

Luk 11:48 Dengan demikian kamu mengaku, bahwa kamu membenarkan perbuatan-perbuatan nenek moyangmu, sebab mereka telah membunuh nabi-nabi itu dan kamu membangun makamnya.

Luk 11:49 Sebab itu hikmat Allah berkata: Aku akan mengutus kepada mereka nabi-nabi dan rasul-rasul dan separuh dari antara nabi-nabi dan rasul-rasul itu akan mereka bunuh dan mereka aniaya,

Luk 11:50 supaya dari angkatan ini dituntut darah semua nabi yang telah tertumpah sejak dunia dijadikan,

Luk 11:51 mulai dari darah Habel sampai kepada darah Zakharia yang telah dibunuh di antara mezbah dan Rumah Allah. Bahkan, Aku berkata kepadamu: Semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini.

Luk 11:52 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi.”

Luk 11:53 Dan setelah Yesus berangkat dari tempat itu, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi terus-menerus mengintai dan membanjiri-Nya dengan rupa-rupa soal.

Luk 11:54 Untuk itu mereka berusaha memancing-Nya, supaya mereka dapat menangkap-Nya berdasarkan sesuatu yang diucapkan-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat terus mencobai dan menjebak Yesus. Namun Yesus kembali mengecam mereka, karena kemunafikan mereka yang mereka punya. Mereka terkadang menganggap orang lain rendah, sehingga sega beban untuk mereka dilempar ke orang lain. Mereka tidak sadar bahwa mereka juga rendah. Hanya ke sok suciannya mereka yang membuat mereka sok tinggi.

Kita pun sebagi uman manusia juga kadang merasa sok pintar, sedikit munafik. Kadang juga merasa seperti Yesus yang direndahkan. Namun Yesus tetap sabar akan hal itu, Yesus tidak pernah main fisik ketika direndahkan. namun Yesus mengeluarkan suatu kata-kata yang memiliki makna tersirat di dalamnya agar kita berpikir, apa maksud perkataan Yesus itu.

Hari ini kita juga merayakan perayaan wajib St. Teresa dari Yesus, seorang perawan dan pujangga Gereja. Kita diajka untuk mnegikuti teladannya yang memilih ‘jalan sedehara’ berdasarkan Kitab Suci; hidup seperti anak kecil, penuh cinta, dan beriman total kepada Allah.

 

Doa

Ya Yesus semoga di hari perayaan St. Teresa dari Yesus, kami mampu mengikuti teladannya. Amin

 

Tidak lupa juga berdoa kepada Bunda Maria yang ada di link ini jika di klik

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 15 Oktober 2020