Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 17 Juni 2021

June 14, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 17 Juni 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Kamis, 17 Juni 2021

Bacaan Pertama      2 Korintus Bab 11 : ayat 1 – ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:

Alangkah baiknya, jika kamu sabar terhadap kebodohanku yang kecil itu. Memang kamu sabar terhadap aku! Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus. Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima. Tetapi menurut pendapatku sedikitpun aku tidak kurang dari pada rasul-rasul yang tak ada taranya itu. Jikalau aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan; sebab kami telah menyatakannya kepada kamu pada segala waktu dan di dalam segala hal. Apakah aku berbuat salah, jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kamu, karena aku memberitakan Injil Allah kepada kamu dengan cuma-cuma? Jemaat-jemaat lain telah kurampok dengan menerima tunjangan dari mereka, supaya aku dapat melayani kamu! Dan ketika aku dalam kekurangan di tengah-tengah kamu, aku tidak menyusahkan seorangpun, sebab apa yang kurang padaku, dicukupkan oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia. Dalam segala hal aku menjaga diriku, supaya jangan menjadi beban bagi kamu, dan aku akan tetap berbuat demikian. Demi kebenaran Kristus di dalam diriku, aku tegaskan, bahwa kemegahanku itu tidak akan dirintangi oleh siapapun di daerah-daerah Akhaya. Mengapa tidak? Apakah karena aku tidak mengasihi kamu? Allah mengetahuinya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 111:1-2.3-4.7-8

Adil dan benarlah karya tangan-Mu, ya Tuhan

  • Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan dalam jemaah.
    Besar perbuatan-perbuatan TUHAN, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
  • Agung dan bersemarak pekerjaan-Nya, dan keadilan-Nya tetap untuk selamanya.
    Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; TUHAN itu pengasih dan penyayang.
  • Perbuatan tangan-Nya ialah kebenaran dan keadilan, segala titah-Nya teguh,
    kokoh untuk seterusnya dan selamanya, dilakukan dalam kebenaran dan kejujuran.

 

Bait Pengantar Injil     Roma Bab 8 : ayat 15

Kalian akan menerima Roh pengangkatan menjadi anak. Dalam Roh itu kita akan berseru “Abba, ya Bapa.”

 

Bacaan Injil              Matius Bab 6 : ayat 7 – ayat 15

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.) Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Kita sebagai umat Katolik tentunya sudah akrab dengan doa Bapa kami, karena kita sering mendoakannya. Tapi apakah kita semua sungguh-sungguh sering mendoakannya? Atau mendoakannya hanya sekedar mengucapkan tidak memaknai maksud dari doa tersebut.

Dalam Injil hari ini, pada ayat ke-11 penggalan untuk memohon makanan yang secukupnya pada hari ini, dalam terjemahan Katolik biasa kita katakan “berikanlah kami rezeki pada hari ini”. Gereja memakainya secara lebih luas bahwa Tuhan mengaruniakan kepada kita bukan hanya makanan, tetapi juga kebutuhan sehari-hari. Apakah kita menyadari bahwa di dalam penggalan kalimat doa Bapa kami, kita memohon “pada hari ini” apakah kita tahu kenapa bukan untuk satu minggu atau satu bulan atau bahkan rezeki untuk 1 tahun? Jika dilogikakan menurut akal manusia alasannya adalah yesus ingin kita mendoakan Bapa kami pada setiap hari, agar kita memohon kepada Tuhan setiap hari dan supaya kita sungguh menggantungkan Harapan Kita setiap hari kepada Tuhan. Karena doa Bapa kami itu doa yang sempurna, karena strukturnya, tidak hanya bersyukur dan memohon rezeki, tetapi juga untuk memuji Tuhan, mengikuti ajaran tuhan, memohon pengampunan dan keselamatan yang kekal.

Maka dari itu jangan sampai kita lupa mendoakan Bapa kami setiap hari. Karena dengan demikian kita sudah menjalin hubungan lebih erat dengan bapak seperti anak kecil yang bergantung kepada bapanya.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Bapa kami yang ada di surga
Dimuliakanlah nama-Mu
Datanglah kerjaaan-Mu
Di atas bumi seperti di dalam surga
Berilah kami rezeki pada hari ini
Dan ampunilah kesalahan kami
Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.
Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 17 Juni 2021