Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 16 Mei 2021

May 13, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 16 Mei 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Minggu, 16 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 1 : ayat 15 – ayat 17. ayat 20a. ayat 20c – ayat 26

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul.

Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata: “Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu. Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini.”
“Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.
Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya.” Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias. Mereka semua berdoa dan berkata: “Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini, untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya.” Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 102:1-2.11-12.19-20

Tuhan telah menegakkan takhta-Nya di Surga.

  • Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
    Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
  • tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia;
    sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.
  • TUHAN sudah menegakkan takhta-Nya di sorga dan kerajaan-Nya berkuasa atas segala sesuatu.
    Pujilah TUHAN, hai malaikat-malaikat-Nya, hai pahlawan-pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya.

 

Bacaam Kedua          1 Yohanes Bab 4 : ayat 11 – ayat 16

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes:

Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 14 : ayat 18

Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku pergi dan akan datang kembali kepadamu, dan hatimu akan bersukacita.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 17 : ayat 11b – ayat 19

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam doa-Nya, Yesus memohon agar murid-Nya senantiasa memelihara, menjaga dan melindungi dari segala yang jahat dan selalu menguduskan diri dalam kebenaran. Tentu melalui doa ini, Yesus sungguh menaruh perhatian dan kasih kepada para murid-Nya yang kelak meneruskan karya-Nya di tengah dunia dan terus berkembang hingga saat ini.

Cinta kepada sesama dapat diungkapkan dalam berbagai kata dan tindakan. Namun, Cinta bisa dibuktikan lewat peruatan yang tidak mampu tertangkap mata. Doa adalah bentuk kasih yang tertulus yang bisa diberikan kepada orang lain. Ketika kita tulus mencintai seseorang, kita pasti tidak keberatan menyelip namanya dalam doa.

Dengan contah yang telah Yesus berikan, kita disadarkan bahwa mencintai sesama dapat kita lakukan dengan cara memberikan yang terbaik dari diri kita, walaupun itu lewat sebuah doa yang sederhana namun dari hati yang tulus. Marilah kita menyatukan hari kita dengan hati Yesus yang senantiasa berdoa agar semua usaha kita dan sesama kita tertanam dalam persatuan dengan Dia. Amin.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Yesus yang baik, terimakasih atas cinta yang Engkau berikan kepada kami, kami juga ingin membuktukan cinta kami kepada sesama sebagai wujud mencintai Engkau pula. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 16 Mei 2021