Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 5 September 2021

September 3, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 5 September 2021

Hari Minggu Kitab Suci Nasional

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Minggu, 5 September 2021

Bacaan Pertama     Yesaya Bab 35 : ayat 4 – ayat 7a

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!” Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka. Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara; tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah kersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  146:7.8-9a.9bc-10

Pujilah Tuhan, hai jiwaku.

  • yang menegakkan keadilan untuk orang-orang yang diperas, yang memberi roti kepada orang-orang yang lapar. TUHAN membebaskan orang-orang yang terkurung,
  • TUHAN membuka mata orang-orang buta, TUHAN menegakkan orang yang tertunduk, TUHAN mengasihi orang-orang benar.
    TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.
  • TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.
    TUHAN itu Raja untuk selama-lamanya, Allahmu, ya Sion, turun-temurun! Haleluya

 

Bait Pengantar Injil         Matius Bab 4 : ayat 23

Yesus memberitakan Injil kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

 

Bacaan Injil             Markus Bab 7 : ayat 31 – ayat 37

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Kemudian Yesus meninggalkan pula daerah Tirus dan dengan melalui Sidon pergi ke danau Galilea, di tengah-tengah daerah Dekapolis. Di situ orang membawa kepada-Nya seorang yang tuli dan yang gagap dan memohon kepada-Nya, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas orang itu. Dan sesudah Yesus memisahkan dia dari orang banyak, sehingga mereka sendirian, Ia memasukkan jari-Nya ke telinga orang itu, lalu Ia meludah dan meraba lidah orang itu. Kemudian sambil menengadah ke langit Yesus menarik nafas dan berkata kepadanya: “Efata!”, artinya: Terbukalah! Maka terbukalah telinga orang itu dan seketika itu terlepas pulalah pengikat lidahnya, lalu ia berkata-kata dengan baik. Yesus berpesan kepada orang-orang yang ada di situ supaya jangan menceriterakannya kepada siapapun juga. Tetapi makin dilarang-Nya mereka, makin luas mereka memberitakannya. Mereka takjub dan tercengang dan berkata: “Ia menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam bacaan Injil, Yesus memberikan kesembuhan kepada orang yang tuli dan agap dengan suatu kata “Efata”, terbukalah!
Kebahagiaan tentu dialami oleh orang yang disembuhkan Yesus. Dia merasa sangat dikasihi karena orang-orang sangat memahami penderitaan-Nya sehingga membawanya kepada yesus. Tanpa kita sadari kita adalah orang yang bisu dan juga tuli rohani. Kita sering mendengar sabda Tuhan namun tidak dimasukan kedalam hati. Kita mendengarkan sabda Tuhan tetapi tidak menjadi pelaku firman, akibat sikap egois pada diri kita dan kurang peduli dengan sesama kita. Kita belajar menjadi orang yang membawa mereka mengalami penderitaan utuk datang kepada Yesus.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Allah, semoga dengan bulan kitab suci ini kami tidak hanya mendengarkan namun juga menerapkannya dalam kehidupan kami sehari-hari. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 5 September 2021