Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 24 November 2020

November 23, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 24 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Selasa, 24 November 2020

 

Bacaan Pertama       Wahyu Bab 14 : ayat 14 – ayat 20

Pembacaan dari Kitab Wahyu :

Why 14:14 Dan aku melihat: sesungguhnya, ada suatu awan putih, dan di atas awan itu duduk seorang seperti Anak Manusia dengan sebuah mahkota emas di atas kepala-Nya dan sebilah sabit tajam di tangan-Nya.

Why 14:15 Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu: “Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak.”

Why 14:16 Dan Ia, yang duduk di atas awan itu, mengayunkan sabit-Nya ke atas bumi, dan bumipun dituailah.

Why 14:17 Dan seorang malaikat lain keluar dari Bait Suci yang di sorga; juga padanya ada sebilah sabit tajam.

Why 14:18 Dan seorang malaikat lain datang dari mezbah; ia berkuasa atas api dan ia berseru dengan suara nyaring kepada malaikat yang memegang sabit tajam itu, katanya: “Ayunkanlah sabitmu yang tajam itu dan potonglah buah-buah pohon anggur di bumi, karena buahnya sudah masak.”

Why 14:19 Lalu malaikat itu mengayunkan sabitnya ke atas bumi, dan memotong buah pohon anggur di bumi dan melemparkannya ke dalam kilangan besar, yaitu murka Allah.

Why 14:20 Dan buah-buah anggur itu dikilang di luar kota dan dari kilangan itu mengalir darah, tingginya sampai ke kekang kuda dan jauhnya dua ratus mil.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 96:10.11-12.13

Tuhan datang menghakimi bumi.

  • Mzm 96:10 Katakanlah di antara bangsa-bangsa: “TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.”
  • Mzm 96:11 Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah gemuruh laut serta isinya,

Mzm 96:12 biarlah beria-ria padang dan segala yang di atasnya, maka segala pohon di hutan bersorak-sorai

  • Mzm 96:13 di hadapan Tuhan, sebab Ia datang. sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia datang menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetianNya.

 

 

Bait Pengantar Injil        Wahyu Bab 2 : ayat 10c

Hendaklah engkau setia sampai mati, sabda Tuhan, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota ketidupan.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 21 : ayat 5 – ayat 11

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 21:5 Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus:

Luk 21:6 “Apa yang kamu lihat di situ?akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.”

Luk 21:7 Dan murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: “Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?”

Luk 21:8 Jawab-Nya: “Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka.

Luk 21:9 Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera.”

Luk 21:10 Ia berkata kepada mereka: “Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan,

Luk 21:11 dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Keruntuhan Bait Suci Yerusalem dipandang sebagai simbol dunia kecil dari langit dan bumi. Bait Suci sudah tidak pernah lagi dibangun hingga sekarang, sehingga kaum Yahudi sudah tidak dapat lagi mempersembahkan surban. Dan kurban itu sebetulnya sudah digenapi dengan kurban Kristus.

Bacaan hari ini jika kita sadari ditempatkan diakhir kalender liturgi untuk mengingatkan kita pada akhir zaman, agar kita dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Mulailah dengan membangun hubungan yang erat dengan Tuhan Yesus, tidak lupa bertobat pula. Hingga akhirnya, buah yang baiklah yang dihasilkan dan dituai dari diri kita.

 

Doa

Allah Bapa Yang Mahabaik, bantulah kami agar kami senantiasa semakin hari, semakin melekat dengan Mu. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 24 November 2020