Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 1 Juli 2021

June 30, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 1 Juli 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Kamis, 1 Juli 2021

Bacaan Pertama      Kejadian Bab 22 : ayat 1 – ayat 19

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Kejadian :

Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.
Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu. Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.” Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu. Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak. Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu.” Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba. Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak, dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: “Tidak tahan aku melihat anak itu mati.” Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring. Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: “Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring. Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.” Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum. Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 116:1-2.3-4.5-6.8-9

Aku beroleh berjalan dihadapan Tuhan, di negeri orang-orang hidup.

  • Aku mengasihi TUHAN, sebab Ia mendengarkan suaraku dan permohonanku.
    Sebab Ia menyendengkan telinga-Nya kepadaku, maka seumur hidupku aku akan berseru kepada-Nya.
  • Tali-tali maut telah meliliti aku, dan kegentaran terhadap dunia orang mati menimpa aku, aku mengalami kesesakan dan kedukaan.
    Tetapi aku menyerukan nama TUHAN: “Ya TUHAN, luputkanlah kiranya aku!”
  • TUHAN adalah pengasih dan adil, Allah kita penyayang.
    TUHAN memelihara orang-orang sederhana; aku sudah lemah, tetapi diselamatkan-Nya aku.
  • Ya, Engkau telah meluputkan aku dari pada maut, dan mataku dari pada air mata, dan kakiku dari pada tersandung.
    Aku boleh berjalan di hadapan TUHAN, di negeri orang-orang hidup.

 

Bait Pengantar Injil          2 Korintus Bab 5 : ayat 19

Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya dalam diri Kristus dan mempercayakan warta perdamaian kepada kita.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 9 : ayat 1 – ayat 8

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri. Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.” Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: “Ia menghujat Allah.” Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: “Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” ?lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu?:”Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” Dan orang itupun bangun lalu pulang. Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bacaan pertama hari ini lagi-lagi kita diminta untuk percaya sepenuhnya dengan Tuhan. Jika kita baca kembali Abraham rela mengurbankan darah dagingnya atau anaknya sendiri sebagai kurban bakaran. Coba kita bayangkan, apakah ada orang tua sekarang yang rela anaknya dikurbankan dalam konteks ‘disembelih’? Namun, Abraham melakukan itu untuk memuliakan Tuhan.

Bagi kita dimasa sekarang ini, tidak perlu melakukan hal yang besar itu. Contoh kecilnya ketika kita sedang dalam perjalanan pulang dan membawa makanan untuk diri kita atau orang yang ada dirumah, tetapi selama dalam perjalanan melihat orang yang membutuhkan makanan itu, dan kita tanpa merasakan rugi memberikannya kepada orang yang membutuhkannya itu dengan tulus dan ikhlas. Setelah itu kita percaya Tuhan akan membalasnya dengan cara yang lebih indah dari hasil perbuatan baik kita itu. Jangan sampai kita meragukan kuasa Tuhan yang mampu memberikan kita hal yang lebih baik dan juga lebih indah dari yang kita kurbankan kepada orang lain yang membutuhkan itu.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, bukalah hati kami untuk selalu siap berkorban demi memuliakan nama-Mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 1 Juli 2021