Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Sabtu, 20 Maret 2021

March 19, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Sabtu, 20 Maret 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 20 Maret 2021

Bacaan Pertama       Yeremia Bab 11 : ayat 18 – ayat 20

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Yeremia :

TUHAN memberitahukan hal itu kepadaku, maka aku mengetahuinya; pada waktu itu Engkau, TUHAN, memperlihatkan perbuatan mereka kepadaku. Tetapi aku dulu seperti anak domba jinak yang dibawa untuk disembelih, aku tidak tahu bahwa mereka mengadakan persepakatan jahat terhadap aku: “Marilah kita binasakan pohon ini dengan buah-buahnya! Marilah kita melenyapkannya dari negeri orang-orang yang hidup, sehingga namanya tidak diingat orang lagi!” Tetapi, TUHAN semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 7:2-3.9-10.11-12

Ya Tuhan, Allahku, pada-Mu aku berlindung.

  • Ya TUHAN, Allahku, pada-Mu aku berlindung; selamatkanlah aku dari semua orang yang mengejar aku dan lepaskanlah aku,
    supaya jangan mereka seperti singa menerkam aku dan menyeret aku, dengan tidak ada yang melepaskan.
  • TUHAN mengadili bangsa-bangsa. Hakimilah aku, TUHAN, apakah aku benar, dan apakah aku tulus ikhlas.
    Biarlah berakhir kejahatan orang fasik, tetapi teguhkanlah orang yang benar, Engkau, yang menguji hati dan batin orang, ya Allah yang adil.
  • Perisai bagiku adalah Allah, yang menyelamatkan orang-orang yang tulus hati;
    Allah adalah Hakim yang adil dan Allah yang murka setiap saat.

 

Bait Pengantar Injil     Lukas Bab 8 : ayat 15

Orang yang mendengar firman Tuhan, dan menyimpannya dalam hati yang baik dan menghasilkan buah dalam ketekunan.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 7 : ayat 40 – ayat 53

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: “Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.” Yang lain berkata: “Ia ini Mesias.” Tetapi yang lain lagi berkata: “Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal.” Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia. Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang berani menyentuh-Nya. Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: “Mengapa kamu tidak membawa-Nya?” Jawab penjaga-penjaga itu: “Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!” Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: “Adakah kamu juga disesatkan? Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi? Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!” Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka: “Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?”Jawab mereka: “Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea.” Lalu mereka pulang, masing-masing ke rumahnya,

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Mendengar suara Yesus merupakan pengalaman yang tidak ada duanya bagi setiap orang. Dapatkah ditugaskan untuk menangkap Yesus, tetapi mereka pulang dengan tangan kosong, karena mereka terpesona mendengar Yesus berbicara. Mereka juga merasa heran dan kebingungan. Begitu juga dengan nikodemus, seorang pimpinan agama Yahudi yang pernah datang pada waktu malam kepada Yesus.

Dalam kenyataan hidup kita, mungkin kita pernah mengalami situasi seperti para penjaga yang secara pribadi mendengar Tuhan yang berbicara dalam hati tetapi kita menutupnya atau seperti Nikodemus Berani membela Yesus ketika terdesak.

Apakah kita tetap berpihak pada Yesus walaupun membawa kesulitan hidup dan pengorbanan yang besar? Sebaiknya kita mengabaikan suara hati demi suatu penghargaan yang diberikan oleh dunia kepada kita?

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan curahkanlah rahmat-Mu supaya kami tetap berpegang pada iman dan Engkau selalu dan selamanya. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Sabtu, 20 Maret 2021