Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Tetap Berjuang meski Ada Keterbatasan

April 5, 2020 | Sejenak Eling

Tetap Berjuang meski Ada Keterbatasan

Hidup ini mesti selalu diperjuangkan. Orang yang berhenti berjuang merupakan orang yang tidak melihat masa depannya dengan ceria.
Namanya Ahmad Zulkarnain. Orang menyapanya dengan Bang Dzoel. Ia lahir tanpa tangan dan kaki. Namun ia menjadi seorang fotografer handal. Hal ini ia dasarkan pada niat dan minatnya yang tinggi terhadap fotografi. Ia pun berjuang keras dalam meraih impiannya.
Baginya, ketiadaan tangan dan kaki tidak menghambat keinginannya dalam meraih mimpi besar menjadi fotografer. Kini Dzoel memiliki bisnis fotografi yang cukup berkembang. Ia tidak ingin dibatasi oleh kondisi fisiknya itu.
Dalam memotret, ia memanfaatkan bagian mulut untuk mematikan dan menyalakan kamera. Dalam mengoperasikan kameranya untuk menekan tombol shutter, Dzoel juga memanfaatkan kulit lebih yang ada pada bagian tangannya.
Tentang kondisi tubuhnya, Dzoel berkata, “Saya sebenarnya tidak menginginkan orang lain terlalu memikirkan tentang keadaan diri saya. Saya hanya ingin banyak orang lain di luar sana yang melihat hasil kreativitas saya.”

Gunakan Segala Daya
Sering banyak orang yang memiliki fisik yang normal menyerah pada situasi, ketika berhadapan dengan berbagai tantangan. Seolah-olah orang tidak menemukan jalan lain untuk meniti kesuksesan hidupnya. Orang begitu mudah putus asa, ketika derita melanda hidupnya.
Kisah di atas memberi kita inspirasi untuk senantiasa berjuang dalam keadaan apa pun. Dzoel yang terbatas fisiknya itu tidak menyerah pada keadaannya. Bahkan ia seolah-olah menantang kondisi fisiknya. Ia berjuang dengan mempelajari cara-cara yang tepat untuk menguasai kamera.
Situasi yang kurang baik bukan menjadi alasan bagi manusia untuk berhenti berjuang. Sebaliknya, manusia mesti menggunakan segala dayanya untuk menumbuhkembangkan hidupnya. Hidup menjadi yang utama dalam diri setiap orang yang mesti dipertahankan dan diperjuangkan.
Karena itu, yang dibutuhkan dari manusia adalah tidak mengeluh dalam mengembangkan diri. Keterbatasan memang mesti diakui, namun orang tidak boleh menyerah pada keterbatasan itu. Berjuang berarti orang mesti mau bekerja keras dan kreatif dalam mencari cara-cara untuk keluar dari kesulitan hidup.
Mari kita terus-menerus berjuang dalam hidup ini, karena hidup ini sangat berharga. Masih ada begitu banyak kesempatan yang dapat kita lakukan untuk meraih impian kita menjadi orang yang bahagia dalam hidup. Tuhan memberkati. **

Frans de Sales SCJ

Renungan Harian lainnya dapat dibaca di Sejenak Eling

Related For Tetap Berjuang meski Ada Keterbatasan